19:00 . Baru Sebulan 42 Remaja di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   18:00 . Setahun, 527 ABG di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   17:00 . Paman: Korban Tiap Main, Selalu Mandi di Sungai   |   16:00 . Jenazah Mrs. X Ditemukan Mengapung di Bengawan Solo   |   15:00 . Mahasiswa Kampus Ungu Hasilkan Ratusan Media Penyuluhan Edukatif, ini Kuncinya...   |   14:30 . EMCL Raih 4 Penghargaan dari Kemendes RI   |   14:00 . Aliran Sungai Pacal Semakin Deras, Pencarian Hari Kedua Terhambat   |   13:00 . Abdullah Umar: Gedung Baru DPRD Upaya Optimalisasi Pelaksanaan Tugas   |   12:00 . Bupati Anna Mu'awanah Resmikan Gedung DPRD Bojonegoro   |   08:00 . Sediakan TPS Khusus untuk Sampah Pasar, Malah Dirusuhi Warga Luar   |   21:00 . Khidmat Kiai, Pagar Nusa Bojonegoro Doa Bersama Jelang 1 Abad NU   |   18:00 . Dinilai Terlalu Lama Kotor, Erick Thohir Ingin Bersihkan Sepakbola Indonesia   |   17:00 . Terpeleset saat Mandi di Sungai, Anak asal Soko Tenggelam di Kapas   |   16:00 . Besok, 16 Kecamatan di Bojonegoro Diprakirakan Akan Hujan Petir di Sore Hari   |   12:00 . CPNS 2023 Kapan Dimulai? Ini Prediksi dan Bocoran Jabatan yang Dibutuhkan   |  
Fri, 03 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peringatan HSN, DPD PKS Bojonegoro Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 November 2022 16:00

Peringatan HSN, DPD PKS Bojonegoro Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

 

Reporter: Anang Febri

blokbojonegoro. - Sebagai bagian memperingati Hari Santri, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar kegiatan Lomba Baca Kitab Kuning. Kegiatan dilaksanakan di kantor DPD PKS Jalan Lisman No. 10, Kota/Kabupaten Bojonegoro.

Ketua DPD PKS Driarso kepada blokBojonegoro.com, Rabu (30/11/2022) mengatakan, kegiatan lomba ini rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai bagian peringatan Hari Santri Nasional 2022. 

"Wujudnya adalah dengan meneruskan program rutin tahunan, dalam bentuk gelaran lomba baca kitab kuning yang diikuti oleh para peserta yang berasal dari Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban," ujarnya 

Lebih lanjut dijelaskan, perlombaan Baca Kitab Kuning tingkat Kabupaten Bojonegoro dan Tuban pada tahun 2022 ini merupakan agenda rutin tahunan sekali yang diadakan oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PKS untuk Daerah Pemilihan (Dapil) IX, sejak tahun 2016 yang lalu," ujarnya.

Ditambahkan lagi, Lomba Baca Kitab Kuning tahun 2022 ini merupakan Edisi ke VI yang diselenggarakan serentak secara nasional. Para peserta lomba yang lolos dari seleksi ini, nantinya akan di bawa ke tingkat Wilayah di Kantor DPW PKS Jawa Timur dan tingkat Pusat.

Adapun juri yang menilai lomba salah satunya dari anggota dewan Fraksi PKS, yakni Miftakhul Khoiri yang memiliki basic kitab. Para peserta dari Bojonegoro dan Tuban sejumlah 12 peserta yang hadir, bakal dinilai dengan mekanisme penilaian dari segi kelancaran, terjemahan dan pemahaman kitab kuning.

Dari Kitab Kuning ini yang dilombakan adalah Fathul Mu'in, yang mana memiliki tingkat kesulitan menengah keatas. Jadi, tak banyak santri yang dapat dan bisa mengikuti lomba baca Kitab Kuning jenjang ini.

"Kita meneruskan tradisi para ulama, terkait keilmuan. Jadi, jangan pernah berhenti belajar menimba ilmu. Kita semua ini adalah santri, yang mungkin dalam waktu dekat bakal mewarisi apa-apa yang sudah dikerjakan oleh para ulama dan kiai kita," tandasnya.

Sementara itu, salah satu peserta Lomba Baca Kitab Kuning dari Pondok Pesantren Al Misk Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban, Husein Yudho Prawiro mengaku baru kali ini mengikuti lomba Baca Kitab Kuning yang digelar oleh DPD PKS Bojonegoro. Namun, dia optimis untuk memenangkan perlombaan.

"Lumayan sulit, tapi harus terus dipelajari. Persiapan Insyaallah sudah, optimis juara," katanya usai gelaran lomba. [feb/lis]

 

Tag : Lomba, hari santri, kitab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more