22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BKC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip

blokbojonegoro.com | Saturday, 03 December 2022 16:00

BKC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Bojonegoro Korea Comunity (BKC) dan Pemuda Desa Tlogohaji, Kecamatan Sumberrejo bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Setempat bersinergi untuk memperbaiki rumah kakek 65 tahun yang sudah tak layak huni.

Ia adalah Mbah Urip (65) warga Desa setempat. Bisa dikatakan bahwa ia sudah tidak bisa bekerja karena penglihatanya sudah kabur dan mudah sakit, dia juga tidak punya tanah sawah untuk bekal makan sehari-hari. 

“Mbah Urip punya tiga anak, dua diantaranya adalah perempuan dan seorang laki laki. Mbah Urip tinggal dengan anak perempuan yang juga tidak bisa bekerja karena ada gangguan fisik,” ungkap Ketua Karang Taruna Desa Tlogohaji, Ghozali. Sabtu (3/12/2022).

Lebih lanjut, menurutnya dua anaknya yang lain juga tidak bisa menafkahi Mbah Urip, karena kesulitan ekonomi juga. Ia mengibaratkan Mbah Urip, seumpama ada genteng yang jatuh, tidak bisa membetulkan sendiri.

“Bahan rumah bagian atap, tiang dan dinding semuanya terbuat dari bambu. Atap dan genteng rumah banyak yang mlorot karena usuk dan reng pada keropos,” lanjutnya.

Kalau musim hujan, tambah Ghozali, air masuk membasahi tempat tidur, kursi dan gorden. Sehingga tidak nyaman untuk ditinggali, selain itu lantainya pun ikut becek. Bahkan teras rumah sudah pernah roboh. Bahkan lebih parahnya, agar tidak cepat roboh, dikasih tiang tambahan. Paska pulang dari rumah sakit, mbah urip sementara tinggal di rumah tetangga agar bisa lebih nyaman. 

Terpisah, Babinsa Tlogohaji, Mudhori mengungkapkan, kerja bakti perbaikan rumah mbah urip dimulai pada Rabu (30/11/2022) lalu. Dan ditarget pelaksanannya dua hari berturut turut atau sampai rumah bisa ditempati. 

“Gotong royong dilaksanakan oleh pemuda Tlogohaji yang bekerjasama dengan masyarakat sekitar. Kegiatan ini juga dibantu oleh babinsa dari koramil sumberejo. Dana pembangunan rumah didapatkan dari sumbangan sukarela dari BKC dan masyarakat sekitar,” papar Mudhori.

Mudhori menambahkan, total dana yang didapatkan dari BKC sekitar Rp11 juta, dan selebihnya dari sumbangan masyarakat setempat. Sumbangan dari masyarakat juga berupa tenaga, makanan, minuman, rokok, genteng, camilan.

Perlu diketahui, BKC tidak hanya sekali ini saja melakukan kegiatan sosial, namun sudah sejak tahun 2019 telah membantu perbaikan rumah, pengobatan bagi masyarakat tidak mampu, membantu pembangunan diniyah, masjid, dan lain sebagainya. Dan tidak hanya di Tlogohaji saja, BKC juga melakukan kegiatan sosial di sejumlah Kecamatan di Bojonegoro. [riz/ito]

 

Tag : Kbc, Tlogohaji, Sumberrejo, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat