08:00 . Sah..! Didik Farkhan Dilantik Jadi Kajati Banten   |   06:00 . Inilah Lirik Ulama Bergerak dari Slank   |   05:00 . Slank Kado NU Lagu 'Ulama Bergerak'   |   23:00 . Diguyur Hujan, Cak Lontong Hingga Slank Hibur Nahdliyyin di Gelora Delta   |   20:00 . Besok Wapres RI Resmikan Proyek Lapangan Gas JTB Bojonegoro   |   19:00 . Inilah Lirik, Arti dan Keutamaan Sholawat Asyghil   |   18:00 . Pengeras Suara Mati, Sholawat Asyghil Menggema   |   17:30 . Merinding, 12.000 Banser di 1 Abad NU   |   17:00 . Disalami Presiden, Banser NU Mewek   |   16:30 . Parade Drumband Banser Dipuji Presiden Jokowi   |   16:00 . Erick Thohir: Energi Positif NU Perkuat Nilai Kebangsaan   |   15:30 . Paduan Suara UINSA Pakai Baju Adat   |   15:00 . Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Intens Survei Kepuasan Masyarakat   |   14:00 . Presiden: NU Akan Tumbuh Semakin Kokoh Masuk Abad Kedua   |   13:30 . Lautan Manusia di 1 Abad NU   |  
Wed, 08 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Haul Pendiri KMI Assalam Bareng Haflah Khotmil Qur’an Ke 2

blokbojonegoro.com | Thursday, 22 December 2022 06:00

Haul Pendiri KMI Assalam Bareng Haflah Khotmil Qur’an Ke 2

Pengirim: Riya Fatchul

blokBojonegoro.com - Ratusan alumnus, wali santri dan masyarakat dari berbagai penjuru wilayah menghadiri Haul K.H Muhaimin Taman dan Bu Nyai Hj. Rukhanah di pondok pesantren Assalam Putra Punggur, Selasa (20/12/2022) siang.

Ratusan jamaah sudah rutin hadir setiap tahunnya, adapun yang belum bisa hadir secara langsung dapat menyimak dan mengikuti secara virtual melalui akun youtube “ASSALAM PRODUCTION”.

Arif (26) selaku Ustadz mengatakan, tamu yang hadir pada haul kali ini sangat banyak sehingga lahan parkir kendaraan pun sangat padat, hal ini menunjukan bahwa para santri, wali santri dan alumni sangat antusias dan berbondong-bondong untuk berkirim doa kepada pendiri pondok pesantren Assalam.

"Alhamdulillah yang hadir banyak sekali, semoga kegiatan untuk tahun tahun selanjutnya selalu meriah dan berjalan lancar," kata Arif.

Pada kesemapatan ini, KMI Assalam juga menggelar Haflah Khotmil Qur’an ke-2, terdapat 5 santriwati yang sudah menghatamkan 30 juz, dan sebagian besar sudah mengkhatamkan 15 hingga 20 juz.

Pesan menyentuh disampaikan Direktur KMI Assalam, K.H Yunan Jauhar al hafidz, beliau berdoa mudah-mudahan santri yang sudah hafal 30 juz tidak sekadar hafal lafdzon, tapi juga tafsiron yaitu bisa menafisrkan, balagon atau memahami balaghohnya, maknan atau paham artinya dan mantiqon yaitu menguasai ilmu mantiqnya.

"Sehingga para hafidzah ini nanti tidak hanya hafal secara lafadz, namun makna alqur'an sudah merasuk dalam hati dan jiwanya," harap KH Yunan. Sebuah ungkapan yang penuh harap dan cita-cita luhur dari Dirktur KMI Assalam secara tidak langsung menstimulasi santri agar memiliki semangat yang tiada henti untuk muroja’ah teks Al-Qur’an sekaligus mendalami makna yang tersirat dari setiap ayatnya.

Jika ditelisik lebih jauh, salah satu tujuan acara haul ini selain untuk mengirim do’a kepada ahli kubur, juga agar santri, alumni dan jama’ah haul dapat mengenang keteladanan semasa hidup dari pendiri pondok pesantren Assalam.

Sosok pendiri pondok pesantren Assalam adalah pribadi yang ulet, tekun dan berdaya juang tinggi. Karakter-karakter yang demikianlah yang dibutuhkan pada masa kini. Masa dimana segala bentuk informasi dapat diakses dengan instan dan cepat karena kemajuan teknonologi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri khususnya pada santri. Yang mana santri harus mampu beradaptasi terhadap kemajuan-kemajuan teknologi yang ada tanpa harus mengesampingkan segala ilmu yang ditekuni di pesantren.

Karakter ulet, tekun dan penuh daya juang ini dapat dikaitkan dengan esensi dari Haflah khotmil Qur’an, di sini dapat difahami bahwa untuk mencapai sebuah hafalan Qur’an harus diiringi dengan tekat yang ulet, sabar menjaga hafalan dengan cara muroja’ah setiap ayat yang sudah dihafal, dan berani berjuang untuk mengamalkan apa yang di perintahkan oleh Al-Qur’an.

Dengan demikian maka hafidz/hafidzah qur’an yang telah menerima syahadah tidak hanya menghafal Qur’an secara tekstual saja namun mereka dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk representasi atas hafalan yang dimiliki.

 

Tag : kmi asssalam, haflah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more