Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Risiko Cedera Kaki Bila Salah Pilih Sepatu, Bisa Sampai Operasi Lho!

blokbojonegoro.com | Saturday, 24 December 2022 07:00

5 Risiko Cedera Kaki Bila Salah Pilih Sepatu, Bisa Sampai Operasi Lho!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Memakai sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki pasti akan menyebabkan penggunanya tidak nyaman. Tidak hanya itu, sepatu yang tidak pas ukurannya juga lebih berisiko terjadinya luka atau cedera pada kaki.

Itu sebabnya, memilih sepatu sebenarnya tidak cukup hanya mengutamakan estetika, tapi juga kenyamanannya.

"Tidak sedikit yang akhirnya membutuhkan terapi hingga operasi untuk menangani masalah pada kaki yang terjadi akibat penggunaan sepatu yang tidak tepat," kata dokter spesialis bedah ortopedi di Rumah Sakit Pondok Indah dr. Astuti Pitarini, Sp.OT(K)., dalam rilis tertulisnya, Senin (12/12/2022).

Bukan hanya lecet di bagian tumit, ada sejumlah cedera lain yang bisa terjadi akibat sepatu, lho.

1. Bunion

Bunion merupakan benjolan tulang yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki. Pada kondisi ini, ujung jempol kaki akan tertarik ke arah jari-jari kaki yang lebih kecil dan memaksa sendi di pangkal jempol kaki jadi menonjol. Selain faktor genetik atau kondisi medis, bunion juga dapat disebabkan karena penggunaan sepatu yang terlalu ketat dan sempit. Kondisi bunion yang semakin parah dapat menyebabkan penderita sulit berjalan dan menggunakan alas kaki karena benjolan menjadi lebih besar dan terasa menyakitkan.

2. Hammer Toe

Hammer toe merupakan kelainan bentuk yang menyebabkan jari kaki menekuk atau melengkung ke bawah. Kelainan bentuk ini paling sering memengaruhi jari kaki telunjuk atau tengah. Meskipun kondisi ini bisa jadi bawaan saat lahir, hammer toe juga dapat disebabkan oleh radang sendi atau pemakaian sepatu yang tidak pas.

3. Kapalan

Kapalan merupakan kondisi lapisan kulit yang tebal dan mengeras yang terjadi saat kulit mencoba melindungi diri dari gesekan dan tekanan secara konstan. Meskipun terasa sakit dan tidak enak dilihat, kapalan umumnya bukan merupakan kondisi medis serius. Salah satu penyebab berkembangnya kapalan adalah pemakaian sepatu yang terlalu ketat.

4. Kuku Tumbuh ke Dalam

Kuku yang tumbuh ke ke dalam daging ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan. Masyarakat sering menyebutnya jyga dengan cantengan. Kondisi ini sering terjadi pada ibu jari kaki karena kuku dipotong terlalu pendek. Selain itu, cantengan juga bisa disebabkan karena tersandung, tertimpa benda berat, atau menerima tekanan berulang pada area ibu jari kaki. Cedera ini dapat semakin parah jika penderita menggunakan sepatu yang terlalu sempit.

5. Keseleo

Keseleo merupakan kondisi ketika ligamen di pergelangan kaki tertarik atau robek, sehingga menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan di area cedera. Sepatu dengan hak tinggi dan lancip adalah jenis sepatu yang paling berisiko menyebabkan cedera. Hal ini disebabkan oleh tumpuan berat tubuh pada ujung hak berbentuk lancip yang meningkatkan risiko terjatuh.

*Sumber: suara.com

Tag : kesehatan, olahraga, sepatu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini