Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Malam Pergantian Tahun, BMKG Juanda Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

blokbojonegoro.com | Saturday, 31 December 2022 08:00

Malam Pergantian Tahun, BMKG Juanda Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dalam press release yang dikeluarkan oleh BMKG Juanda menyebutkan, wilayah Jawa Timur saat ini berada pada puncak musim penghujan, dan memperhatikan kondisi dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur masih cukup signifikan, sehingga mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah.

Monsun asia menunjukkan bahwa aktifitas cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir, serta adanya seruakan dingin disertai fenomena CENS yang mengindikasi bahwa adanya aliran masa udara dingin dari utara yang masuk ke wilayah Indonesia, termasuk melintasi ekuator yang dapat berdampak dan meningkatnya potensi curah hujan termasuk di wilayah Jawa Timur.

"Perlu diwaspadai pada malam pergantian tahun diprakirakan beberapa wilayah berpotensi terjadi hujan intensitas ringan hingga lebat. Termasuk wilayah Bojonegoro, Surabaya, Mojokerto, Madiun hingga Sumenep," ungkap Kepala Stasiun BMKG Juanda, Aufiq Hermawan.

Terkait ketinggian gelombang air laut, BMKG Juanda menyebutkan di beberapa wilayah perairan Jawa Timur sudah masuk kategori tinggi hingga sangat tinggi (2,5-6,0 m). Dan perlu menjadi perhatian khusus di wilayah perairan Kalimantan bagian Timur, Laut Jawa Masalembo, Laut Jawa Utara Bawen hingga wilayah perairan Tuban-Lamongan.

"Update terkini gelombang wilayah Jawa Timur bisa dipantau pada laman http://maritimjatim.info. Dan masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap dampak bencana hidrometeorologi seperti genangan, banjir bandang, longsor hingga angin kencang," ulasnya. [liz/mu]

 

Tag : bmkg, cuaca, tahun baru



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini