13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Penerapan Tilang Manual Kembali, Satlantas: Nunggu Perintah

blokbojonegoro.com | Monday, 09 January 2023 17:00

Penerapan Tilang Manual Kembali, Satlantas: Nunggu Perintah

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) akan kembali menerapkan tilang manual. Namun, hingga kini Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bojonegoro masih menunggu perintah, pasalnya tilang manual masih dilakukan di DKI Jakarta saja.

“Masih nunggu perintah melalui Surat Telegram Rahasia (STR) dari pimpinan, di Bojonegoro masih tilang elektronik atau menggunakan Mobil INCAR,” ungkap Kasat Lantas Polres Bojonegoro melalui Kanit Turjagwali, Iptu Heru Susanto, Senin (9/1/2023).

Sementara itu, dikutip dari laman National Traffic Management Center (NTMC) Polri. Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Setyabudi mengungkapkan, akan kembali diterapkan tilang manual disebabkan oleh jumlah pelanggaran yang tercatat pada implementasi tilang elektronik atau ETLE sangat signifikan.

Selain itu, pihaknya mendapati banyak warga yang mengendarai kendaraan tanpa pelat nomor untuk menghindari kamera ETLE.

"Saat polisi tidak melakukan penilangan, bukannya sadar. Tapi yang ada pelat nomornya dicopot yang belakang, coba dicek deh," ujar Firman dikutip dari laman NTMC Polri, Jum'at (6/1/2023).

Oleh karena itu, Polisi berpangkat Perwira Tinggi (Patu) dengan bintang dua di pundaknya itu mengaku, akan mempertimbangkan lagi untuk memberlakukan tilang manual. Menurutnya, tidak sedikit didapati pengendara yang sengaja melanggar peraturan lalu lintas setelah tilang manual dihapus.

"Tapi sekali lagi untuk ini pun polisi bukan berarti diam saja. Kalau kita akan tetap memberikan teguran, bahkan untuk potensi yang langkahnya bisa fatal, kita harus memberikan peringatan-peringatan," katanya.

Semenjak tilang manual ditiadakan, Firman juga sudah memberikan arahan kepada jajaran di bawahnya, yakni di jalan raya tidak harus menilang tetapi juga memberikan peringatan. Dengan maksud agar masyarakat muncul kesadaran tertib berlalu lintas, mematuhi peraturan.

"Kalau masyarakatnya tadi itu tidak muncul kesadaran, ya Gakkum dengan kehadiran polisi dengan penegakkan hukumnya akan kita munculkan lagi," imbuhnya.

Sementara itu, sepanjang tahun 2022 pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Bojonegoro mencapai 7610 baik pelanggaran jumlah penumpang, muatan, rambu lalin, surat-surat, perlengkapan dan lainnya. Namun jumlah tersebut turun dibandingkan dengan tahun 2021 yakni mencapai 8494. [riz/lis]

 

Tag : Tilang, manual, satlantas, polri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat