12:00 . CPNS 2023 Kapan Dimulai? Ini Prediksi dan Bocoran Jabatan yang Dibutuhkan   |   11:00 . Awal Tahun, 8 Kecamatan di Bojonegoro Terdampak Puting Beliung   |   10:00 . Baznas Buka Pendaftaran Seleksi Calon Pimpinan   |   09:00 . Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan 23 Maret 2023   |   08:00 . Bupati Anna Minta BPD Sukseskan Program RPL Pascasarjana   |   07:00 . Tanya Dokter Seperti Apa Ciri Anak Stunting?   |   06:00 . Namanya Dicatut untuk Penipuan, AMSI Desak Polisi Tindak Tegas Pelaku   |   19:00 . Erick Thohir: Indonesia Harus Punya Blue Print 100 Tahun Sepak Bola   |   18:00 . Viral! Tukang Becak di Bojonegoro Ambil Bollard di Trotoar   |   17:00 . Dua Pelajar di Bojonegoro Dikabarkan Diculik, Benarkah?   |   16:00 . Unugiri Bojonegoro Gelar Istighotsah Menyongsong Puncak Satu Abad NU   |   13:00 . Pembukaan Praktik Kebidanan, Tampilkan Peran Mahasiswa Kampus Ungu dalam Komunitas   |   10:00 . blokBojonegoro Lolos Tahap 2 Calon Anggota MCH 2023   |   09:00 . Segera Daftar, Tahun Ini Pemkab Anggarkan Rp34,6 Miliar untuk Beasiswa Pendidikan   |   08:00 . 141 Media se Indonesia Bersaing di MCH 2023   |  
Wed, 01 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Penerapan Tilang Manual Kembali, Satlantas: Nunggu Perintah

blokbojonegoro.com | Monday, 09 January 2023 17:00

Penerapan Tilang Manual Kembali, Satlantas: Nunggu Perintah

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) akan kembali menerapkan tilang manual. Namun, hingga kini Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bojonegoro masih menunggu perintah, pasalnya tilang manual masih dilakukan di DKI Jakarta saja.

“Masih nunggu perintah melalui Surat Telegram Rahasia (STR) dari pimpinan, di Bojonegoro masih tilang elektronik atau menggunakan Mobil INCAR,” ungkap Kasat Lantas Polres Bojonegoro melalui Kanit Turjagwali, Iptu Heru Susanto, Senin (9/1/2023).

Sementara itu, dikutip dari laman National Traffic Management Center (NTMC) Polri. Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Setyabudi mengungkapkan, akan kembali diterapkan tilang manual disebabkan oleh jumlah pelanggaran yang tercatat pada implementasi tilang elektronik atau ETLE sangat signifikan.

Selain itu, pihaknya mendapati banyak warga yang mengendarai kendaraan tanpa pelat nomor untuk menghindari kamera ETLE.

"Saat polisi tidak melakukan penilangan, bukannya sadar. Tapi yang ada pelat nomornya dicopot yang belakang, coba dicek deh," ujar Firman dikutip dari laman NTMC Polri, Jum'at (6/1/2023).

Oleh karena itu, Polisi berpangkat Perwira Tinggi (Patu) dengan bintang dua di pundaknya itu mengaku, akan mempertimbangkan lagi untuk memberlakukan tilang manual. Menurutnya, tidak sedikit didapati pengendara yang sengaja melanggar peraturan lalu lintas setelah tilang manual dihapus.

"Tapi sekali lagi untuk ini pun polisi bukan berarti diam saja. Kalau kita akan tetap memberikan teguran, bahkan untuk potensi yang langkahnya bisa fatal, kita harus memberikan peringatan-peringatan," katanya.

Semenjak tilang manual ditiadakan, Firman juga sudah memberikan arahan kepada jajaran di bawahnya, yakni di jalan raya tidak harus menilang tetapi juga memberikan peringatan. Dengan maksud agar masyarakat muncul kesadaran tertib berlalu lintas, mematuhi peraturan.

"Kalau masyarakatnya tadi itu tidak muncul kesadaran, ya Gakkum dengan kehadiran polisi dengan penegakkan hukumnya akan kita munculkan lagi," imbuhnya.

Sementara itu, sepanjang tahun 2022 pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Bojonegoro mencapai 7610 baik pelanggaran jumlah penumpang, muatan, rambu lalin, surat-surat, perlengkapan dan lainnya. Namun jumlah tersebut turun dibandingkan dengan tahun 2021 yakni mencapai 8494. [riz/lis]

 

Tag : Tilang, manual, satlantas, polri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more