12:00 . CPNS 2023 Kapan Dimulai? Ini Prediksi dan Bocoran Jabatan yang Dibutuhkan   |   11:00 . Awal Tahun, 8 Kecamatan di Bojonegoro Terdampak Puting Beliung   |   10:00 . Baznas Buka Pendaftaran Seleksi Calon Pimpinan   |   09:00 . Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan 23 Maret 2023   |   08:00 . Bupati Anna Minta BPD Sukseskan Program RPL Pascasarjana   |   07:00 . Tanya Dokter Seperti Apa Ciri Anak Stunting?   |   06:00 . Namanya Dicatut untuk Penipuan, AMSI Desak Polisi Tindak Tegas Pelaku   |   19:00 . Erick Thohir: Indonesia Harus Punya Blue Print 100 Tahun Sepak Bola   |   18:00 . Viral! Tukang Becak di Bojonegoro Ambil Bollard di Trotoar   |   17:00 . Dua Pelajar di Bojonegoro Dikabarkan Diculik, Benarkah?   |   16:00 . Unugiri Bojonegoro Gelar Istighotsah Menyongsong Puncak Satu Abad NU   |   13:00 . Pembukaan Praktik Kebidanan, Tampilkan Peran Mahasiswa Kampus Ungu dalam Komunitas   |   10:00 . blokBojonegoro Lolos Tahap 2 Calon Anggota MCH 2023   |   09:00 . Segera Daftar, Tahun Ini Pemkab Anggarkan Rp34,6 Miliar untuk Beasiswa Pendidikan   |   08:00 . 141 Media se Indonesia Bersaing di MCH 2023   |  
Wed, 01 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Nilai Edukatif dalam Kegiatan Outing Class

blokbojonegoro.com | Thursday, 12 January 2023 12:00

Nilai Edukatif dalam Kegiatan Outing Class

Oleh: Moch. Chosbaliyah *

OUTING-Class (OC) memiliki arti kegiatan di luar kelas atau biasa dikenal dengan istilah outbound. Dalam pendidikan modern, kegiatan di luar kelas menjadi salah satu alternatif menghilangkan kejenuhan siswa. Di samping itu, kegiatan outbound juga bisa disesuaikan dengan materi pembelajaran di kelas, sehingga masih singkron dengan materi sekolah.

Kegiatan OC banyak diminati siswa, mulai usia Pendidikan Anak Usia Dini (KB dan TK) sampai perguruan tinggi. Berbagai tingkat pendidikan selalu mengagendakan kegiatan OC dalam agenda tahunannya. Ada yang mengagendakan di tengah semester, setelah ulangan akhir semester atau bahkan di awal tahun pembelajaran.

Manfaat OC sendiri hakikatnya siswa diajak aktif dalam berbagai permainan baik yang bersifat beregu maupun individu, mulai permainan sederhana hingga permainan memacu andrenalin seperti flaying fox, spider web, panjat tebing dan lain-lain.

Berbagai permainan yang terdapat dalam kegiatan outbound tersebut juga dianggap efektif membangun karakter anak. Hasil observasi penulis melalui pemandu outbound di Bojonegoro menyebutkan bila kegiatan outbound bukan hanya sekadar substansi bermain saja. Namun terdapat beberapa manfaat yang didapat anak yaitu untuk melatih kemandirian, keberanian, dan meningkatkan kecerdasan pada anak.
Apalagi, dari sisi tahapan kegiatan outbound memiliki tahapan yang menarik antara lain:

Pertama, kegiatan senam ceria. Kegiatan ini memiliki manfaat meningkatkan kebugaran jasmanai dan pemanasan sebelum melakukan kegiatan outbound selanjutnya.

Ke dua, kegiatan ice breaking dan motivasi. Substansi kegiatan ini adalah bermain ceria melalui kata-kata atau interuksi yang menuntut fokus dan konsentrasi. Dalam kegiatan ini juga sering selipkan Motivasi belajar dan penanaman karakter-karakter pribadi yang baik seperti, jujur, disiplin, ceria, dan cekatan.

Ke tiga, kegiatan game kompetisi. Berbeda dengan game ice breaking, game kompitisi ini dilakukan dengan membentuk tim atau regu dengan jumlah sesuai kebutuhan. Disebut game kompetisi karena dalam game ini tiap regu harus bersaing dengan tim lawan agar mempu menyelesaikan tantangan dengan secepatnya. Game ini biasanya membutuhkan alat-alat pendukung yang sudah disediapkan oleh para pemandu outbound.

Ke empat, kegitan game halang rintang dan andrenalin. Sementara game lain dalam rangkaian kegiatan outbound adalah game halang rintang. Game halang rintang lebih menitikberatan pada memacu andrenalin dan  membangun karakter pemberani dan. Kegiatan ini juga dimaksudkan agar siswa lebih mencintai alam sekitar.

Uraian tahapan di atas menegaskan bila kegiatan OC melalui outbound menjadi menarik dan kaya manfaat. Terlebih, kegiatan outbound sebenarnya bisa dilakukan di manapun. Seperti, di halaman sekolah, atau di tanah lapang atau di dalam kelas.

Namun kebanyakan lembaga atau sekolah lebih memilih mengadakan di tempat wisata atau tempat yang di rancang khusus untuk outbound dengan tujuan menginginkan suasa baru, sambil refreshing atau healing, serta terbatasnya tenaga pendidik ada yang tidak semuanya memiliki kemampuan membuat game-game.

Terlebih, dari game-game yang diberikan saat outbound, menurut penulis terdapat penanaman karakter yang bisa dipetik. Mulai dari sikap percaya diri, yakni siswa yang awalnya pemalu akan menjadi pemberani. Siswa yang awalnya punya sifat penakut, dan kurang percaya diri, ketika mengikuti kegiatan outbound dan berhasil menyelesaikan berbagai permainan yang menantang tentu akan membuat dirinya merasa senang dan bangga.

Sikap yang lain adalah berani bertindak. Melalui sikap ini menuntut mengambil keputusan secara capat dan tepat meskipun resikonya kadang tidak menyenangkan. Terdapat pula sikap kerjasama atau upaya menjalin kekompakan tim untuk bekerjasama menyelesaikan masalah yang diberikan.

Adapun yang terakhir, adalah kejujuran atau menghindari sikap regu berbuat curang yang hanya mengejar kemenangan dalam sebuah permainan. Melihat banyaknya manfaat kegiatan OC melalui outbound, maka tidak heran sekolah atau lembaga pendidikan selalu mengagendakannya minimal sekali dalam satu tahun ajaran.

Apalagi, bila dalam outbound walau hakikatnya hanya permainan, tetapi kaya manfaat. Yakni, sebagai sarana diri  menyelesaikan problematik kehidupan. Jika demikian adanya, OC dengan outbound kaya nilai edukatif bagi peserta didik di sebuah lembaga pendidikan

*Penulis adalah Guru Bahasa Arab di MTs Ulul Albab Plesungan Sekaligus Pemandu Outbound di Bojonegoro






Tag : outing class, outbond, bojonegoro, siswa, pendidikan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more