Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Juli, Tender Fisik Bendungan Gerak Karangnongko Dimulai

blokbojonegoro.com | Friday, 13 January 2023 19:00

Juli, Tender Fisik Bendungan Gerak Karangnongko Dimulai

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Salah satu program yang digenjot oleh pemerintah di antaranya adalah pembuatan bendungan. Termasuk pembangunan Bendung Gerak Karangnongko yang menjadi bagian dari proyek strategis nasional (PSN). Pembangunan program bendungan ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat maupun daerah. Saat ini proses di lapangan memasuki tahapan verifikasi dan direncanakan Juli memasuki masa tender fisik. 

Berdasarkan hasil pembagian tugas, Pemkab Bojonegoro bertugas dalam hal pembebasan lahan, sementara untuk proses pembangunan fisik menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Saat ini, rencana pembangunan memasuki tahapan persiapan pengadaan tanah dan masih ada perubahan luas lahan yang dibutuhkan. Perubahan-perubahan dilakukan berdasarkan evaluasi dan verifikasi di lapangan. Terkait luasan final nanti akan diketahui setelah pelaksanaan pengukuran satgas A dan B oleh BPN pada tahapan pelaksanaan pengadaan tanah.

"Untuk pembebasan lahannya, bendung gerak Karangnongko ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Maka kami mendukung ini karena untuk pengendalian banjir dan lainnya," ujar Bupati Anna.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Nurul Azizah memaparkan, perkembangan Bendung Gerak Karangnongko terbaru. Berdasarkan hasil koordinasi dengan Pemerintah Pusat, pembebasan lahan harus segera selesai secepatnya sebab pada Juli sudah dilaksanakan tender fisik.

"Usai berkoordinasi dengan Pemprov Jatim, kami diminta untuk segera melakukan penetapan terkait dengan lahan di Desa Ngelo dan Desa Kalangan Kecamatan Margomulyo. Sebab ada perubahan lahan di dalamnya meliputi tanah kas desa dan wakaf juga Perhutani," sambung Sekda Nurul.

Dengan penyediaan infrastruktur untuk kepentingan umum melalui pembangunan Bendung Gerak Karangnongko ini. Diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperbaiki daya saing ekonomi sampai dengan lingkup regional.

"Selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk penyediaan air baku dan irigasi, juga dalam rangka pengendalian banjir," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Tender, fisik, bendungan, Karangnongko



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini