Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Debog BTC, Ubah Pelepah Pisang Jadi Barang Bernilai Jual

blokbojonegoro.com | Monday, 16 January 2023 13:00

Debog BTC, Ubah Pelepah Pisang Jadi Barang Bernilai Jual

Kontributor: Qusnia Azzahra 

blokBojonegoro.com –  Selama ini, pohon pisang disebut dengan pohon seribu manfaat karena setiap bagian-bagiannya bisa dimanfaatkan. 

Salah satunya adalah pelepah pisang yang sebagian masyarakat menganggapnya hanya sampah. Berkat tangan-tangan kreatif anggota Debog BTC (Bojonegoro Team Creative), pelepah pisang disulap menjadi barang yang bernilai jual. 

Berbagai ragam kerajinan yang unik seperti gantungan kunci,tas,topi,figura,kotak tisu,vas bunga,sendal,kipas,bahkan baju,dan masih banyak lagi dihasilkan oleh produsen

Debog BTC yang beralamat di Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro.

Pemilik usaha, Maisir, mengaku awalanya dia dulu bekerja di luar Jawa sekitar 12 tahun. Setelah mempunyai anak beliau memutuskan memilih bekerja dan tinggal di Jawa, dan akhirnya memulai bisnis ini sejak tahun 2009. 

Meski sempat diremehkan oleh orang lain karena pelepah pisang dianggap biasa saja, akhirnya dia bisa membuktikan pelepah pisang itu berharga dan menghasilkan uang untuk menafkahi keluarganya.

“Saya sangat bersyukur sekali , Alhamdulillah banget  usaha ini bisa menafkahi keluarga saya sampai sekarang  dan  sangat bangga sekali usaha debog ini sudah terkenal dimana mana. Bahkan sempat masuk acara tv hitam putih dan Laptop Si Unyil juga dan kemarin juga saya di undang ke Makassar untuk pelatihan bisnis Debog,”ucap pria pengusaha berusia 46 tahun ini dengan nada bangga.

Banyak pelajaran yang kita peroleh dari kerajinan pelepah pisang. Mulai dari bahan bahan yang dianggap sampah  bisa jadi barang bernilai jual, kemudian kreativitas, Konsel kerajinan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan menjadi bagian usaha  yang ramah lingkungan. [lis]

Tag : Debog, btc



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini