Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Pohbogo Proses Daun Saga Hingga Bernilai Ekonomi

blokbojonegoro.com | Sunday, 22 January 2023 10:00

Warga Pohbogo Proses Daun Saga Hingga Bernilai Ekonomi

Kontributor: Sofy Lovelia Rahmanda

blokbojonegoro.com – Mungkin banyak yang belum tahu apa itu Daun Saga, daun pohon yang oleh orang Jawa biasa disebut biasa pohon "Sogok Tunteng". Daun dari tumbuhan tersebut ternyata memiliki banyak manfaat loh. Di antaranya dipercaya mampu mengobati diare dan mengatasi sakit perut. 

Karena khasiat yang dikandung, warga Bojonegoro, Suroto, warga Pohbogo, Kecamatan Balen berinisiatif menyediakan bahan baku Daun Saga dan menjualnya.

“Manfaat Daun Sogok Tunteng ada banyak, bisa untuk batuk, sariawan dan lain-lain,” ujar pria berumur 40 tahun itu.

Suroto mengaku selama ini bisa mendapatkan daun tersebut di tegalan, di pinggir sungai dan di kebun. Selain daun, biji saga juga bisa dimanfaat untuk pernak-pernik, perhiasan, dan manik-manik. Harga biji berwarna merah hitam itu bisa mencapai Rp20.000,00 per kilogram. Sementara, Daun Saga yang masih basah dibandrol Rp5.000 per kilogram sedangkan kalau sudah kering bisa sampai Rp15.000 per kilogram.

Lebih lanjut, Suroto menjelaskan, Daun Saga tidak bisa langsung dijual tapi butuh proses agar daunnya kering. Suroto menggunakan metode manual saat mengeringkan daun hijau tersebut, yaitu menggunakan matahari. Dengan cara meletakkannya di terpal lalu di tempatkan di halaman rumah. [lis]

Tag : Daun, saga, jual, kering, obat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini