12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Manfaat Belajar Matematika

blokbojonegoro.com | Tuesday, 24 January 2023 08:00

Manfaat Belajar Matematika

Oleh: Yuslinda*

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan ketelitian, kecermatan, juga ketajaman berfikir dalam mengerjakan soal-soal matematika.

Apalagi tidak semua cabang ilmu matematika bisa diterapkan secara langsung atau nyata dalam kehidupan sehari-hari seperti ilmu pengetahuan yang lain. Ini membuat belajar matematika makin tidak menyenangkan. Akhirnya, muncul candaan “Untuk apa sulit-sulit belajar matematika, toh tidak akan jadi pertanyaaan di akhirat”.

Masalahnya mata pelajaran matematika masih menjadi pelajaran penting di sekolah. Buktinya, alokasi waktu yang banyak untuk mata pelajaran matematika dan selalu diujikan pada ujian negara di semua jenjang pendidikan. Pada tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) juga sudah dikenalkan dengan bentuk-bentuk angka sebagai simbol dasar matematika.

Jadi, belajar matematika pada masa sekarang tidak dapat dihindari karena sudah merupakan suatu kebutuhan. Itu artinya, suka atau tidak suka tetap harus dipelajari. Karena banyak manfaat yang bisa didapat dengan belajar ilmu berhitung ini walaupun tidak mudah.

Matematika merupakan dasar bagi ilmu lainnya. Manfaat yang bisa didapat dari belajar matematika diantaranya bisa melatih kesabaran, kedisiplinan dan semangat panjang menyerah, agar suatu saat tidak mudah berputus asa ketika menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan.

Manusia setiap hari berhitung dan menggunakan ilmu matematika dalam berpikir atas solusi dari suatu masalah dengan cepat dan tepat. Belajar matematika juga bisa membantu kita untuk berpikir lebih sistematis. Melalui kebiasaan berhitung tanpa sadar kita telah memaksa otak kita untuk berpikir secara runtut atau teratur. Ini penting dalam kehidupan sehari-hari.

Matematika kunci dasar kehidupan. Orang yang pandai berhitung maka ia adalah orang yang pandai dalam merencanakan kehidupannya secara matang. Matematika yang kerap dijadikan momok oleh masyarakat harus berubah dan menjadi pelajaran yang menjadi favorit bagi setiap generasi.

Berhitung merupakan kebutuhan dasar. Semua orang butuh kemampuan berhitung, Belajar matematika memiliki makna yang dalam dibalik kerumitannya. Untuk itu, peserta didik harus meyakinkan diri sendiri bahwa matematika itu mudah, tidak sulit dan menyenangkan. Tidak boleh malas belajar
Belajar itu sebuah proses, menjadi paham dan pintar itu tidak bisa instan, karenanya harus dilakukan dengan teratur dan penuh semangat. Dalam proses itu tentu akan ditemukan banyak kesulitan. Untuk itu, diperlukan kesabaran dan ketelatenan. Belajar matematika tak ubahnya belajar tentang kehidupan. Seperti kata pepatah berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian, bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian.

Setiap kita harus yakin, bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Jika semua dilakukan dengan sungguh sungguh, maka tidak ada ilmu yang sia-sia. Matematika dibutuhkan disetiap kehidupan manusia. Jika tidak ada matematika, berarti tidak ada angka, maka tidak ada kalender atau waktu, bahkan kita tidak dapat mengetahui ulang tahun kita sendiri.

Dengan banyaknya manfaat belajar matematika yang telah diuraikan diatas, maka tidak alasan lagi untuk tidak belajar matematika dengan sungguh-sungguh atau menganggap tidak penting. Banyak cita-cita yang bisa diwujudkan apabila kita pintar matematika. Misalnya ; guru, akuntan, ilmuwan, dokter dan masih banyak profesi lain yang menjanjikan masa depan yang cerah.

Bagaimana agar belajar matematika itu menjadi mudah? Ada banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya: Pertama, hafalkan perkalian yakni, perkalian merupakan dasar dari matematika selanjutnya. Kedua, buat catatan rumus, pahami dan hafalkan. Ketiga, cari cara atau trik yang paling mudah dalam mengerjakan soal. Keempat, latihan soal dengan teratur. Kelima, tidak malu bertanya pada guru atau teman.

Lima cara di atas merupakan dasar atau cara paling sederhana agar bisa belajar matematika dengan lebih mudah. Karena sebenarnya masih banyak cara belajar matematika yang lain. Saat belajar, semua kembali kepada niat kita. Lakukan dengan rasa ikhlas dan sepenuh hati, hasilnya akan luar biasa.

Walaupun banyak manfaat yang bisa didapat dalam belajar matematika, tapi ilmu matematika adalah ilmu yang luas dan tidak bisa berdiri sendiri. Banyak ilmu lain yang berhubungan dengan matematika, baik itu sains, ilmu sosial dan ilmu agama. Contoh, hukum waris dalam ilmu Fiqih,
Ilmu matematika tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Ubah pandangan kita terhadap matematika yang katanya rumit, sulit, menjadi mudah dan menyenangkan dengan cara belajar dan niat yang benar. Kemauan belajar yang kuat akan membawa kepada kemudahan.

Dengan rajin belajar berbagai macam ilmu, terutama belajar matematika, kita akan menjadi pribadi yang berkarakter kuat dan tangguh. Tangkas dalam mnggunakan logika dalam penyelesaian setiap masalah yang dihadapi. Itulah sebenarnya hakikat dari belajar matematika yang dianggap sebagai pelajaran tersulit disekolah.

*Penulis adalah Guru Matematika MTs Ulul Albab Plesungan, Kapas, Bojonegoro.

Tag : guru, matematika, pelajaran matematika



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat