Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Miliki Penangkaran Cucak Ijo, Mujito Raup Omzet Jutaan Rupiah

blokbojonegoro.com | Saturday, 28 January 2023 09:00

Miliki Penangkaran Cucak Ijo, Mujito Raup Omzet Jutaan Rupiah

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Seorang warga Dusun Nglingi, Desa Bareng, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Imam Mujito (32) sukses menangkarkan burung cucak ijo. Alhasil dari penangkaran tersebut dirinya mendapat omzet hingga jutaan rupiah tiap bulannya.

Penangkaran burung cucak ijo ini sudah digeluti Imam, sejak dua tahun lalu. Dari penangkaran tersebut, Imam sudah banyak menghasilkan burung Cucak Ijo yang berkualitas. Banyak burung dari penangkarannya yang menjadi juara diperlombaan burung berkicau.

“Kurang lebih dua tahunan menggeluti penangkaran Burung Cucak Ijo ini,” ungkap Imam ditemui di rumahnya di Desa Bareng, Jumat (27/1/2023).

Menurutnya, perawatan dalam menangkarkan burung Cucak Ijoini tergolong cukup susah, dirinya harus menyesuaikan birahi setiap indukan yang akan di jodohkan. Selain itu cuaca yang tidak menentu sangat berpengaruh terhadap produksi burung itu sendiri.

“Kendalanya yang paling berpengaruh yaitu, terhadap cuaca. Apalagi di musim penghujan seperti ini,” beber Imam sembari menjemur berbagai jenis Cucak Ijo yang ia miliki di depan teras rumahnya.

Ia menambahkan, selain cuaca ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan perawatan terhadap Burung yang memiliki nama latin Chloropsis sonnerati Jardine & Selby, 1827 ini yakni, dengan diberikan buah pisang dan vitamin, serta selalu rutin membersihkan kandang, mengganti air dan menjemurnya di pagi hari.

Saat ini, ia mengaku telah memiliki lebih dari 4 indukan burung Cucak Hijau yang ditangkarkan. Mulai dari jenis Cucak Ijo Kalimantan dan Cucak Ijo Banyuwangi. Imam menambahkan jika pembeli tak hanya dari lokal Bojonegoro saja melainkan dari Surabaya, Sidoarjo dan Madiun.

“Bahkan ada juga pembeli dari luar Provinsi yakni, dari Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar),” bebernya.

Dari penangkaran tersebut, Imam menjual anakan burung Cucak Ijo dengan harga Rp800 ribu untuk Cucak Ijo Remaja. Sedangkan untuk anakan yang sudah mandiri ia jual dengan harga Rp1 Juta. Dan untuk anakan Cucak Ijo Jantan dibanderol dengan harga Rp1.5 Juta hingga Rp2 juta. [riz/lis]

 

Tag : Ekonomi, burung, penangkaran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini