Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pembukaan Praktik Kebidanan, Tampilkan Peran Mahasiswa Kampus Ungu dalam Komunitas

blokbojonegoro.com | Tuesday, 31 January 2023 13:00

Pembukaan Praktik Kebidanan, Tampilkan Peran Mahasiswa Kampus Ungu dalam Komunitas

Pengirim: Mosia

blokBojonegoro.com - Kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas atau sering disebut PKK di Desa Simorejo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro oleh Mahasiswa Ungu Akhir Prodi Kebidanan Kampus Ungu ISTeK ICsada Bojonegoro merupakan rangkaian kegiatan mahasiswa yang didasari oleh kebersamaan (gotong royong), swadaya masyarakat untuk mengenal dan memecahkan masalah kesehatan ibu dan balita.

Kegiatan tersebut melibatkan keluarga sebagai mitra perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelayanan kebidanan, serta menjamin keterjangkauan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dalam keluarga di masyarakat.

Dekan Fakultas Kesehatan, Ns. Yusuf Efendi, S.Kep., M.Kes pada acara Pembukaan Praktik Kebidanan Komunitas yang dilaksanakan Selasa (31/01/2023), memberikan sambutan sekaligus menyerah mahasiswa Prodi Kebidanan Kampus Ungu yang akan melaksanakan kegiatan selama kurun waktu 26 hari (31 Januari s/d 25 Februari 2023).

"Dalam kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas ini, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh kesempatan melaksanakan praktik pada kondisi sebenarnya di komunitas dalam mengelola asuhan ANC, INC, PNC, kesehatan reproduksi dan KB di dalam komunitas, " ulasnya.

Pada pelaksanaannya, kegiatan praktik kebidanan komunitas dapat membangkitkan peran serta masyarakat, sehingga masyarakat dapat menangani masalah kesehatannya dan mencari alternatif pemecahan masalah bersama mahasiswa.

Acara yang turut dihadiri Perangkat Desa Simorejo, Bidan Puskesmas Kanor, dan Bidan Desa Simorejo ini memaparkan problem yang ditemui selama pengenalan, pengumpulan, dan pengkajian masalah kesehatan di masyarakat.

Adapun forum diskusi untuk penentuan program yang disepakati bersama, mengingat program yang akan dijalankan akan berhubungan erat dan memerlukan partisipasi berbagai elemen masyarakat.

“Dari semua program yang telah disepakati, diharapkan Mahasiswa mampu menjalankan secara bersama dan mampu menjadi pilar kesehatan masyarakat khususnya ibu dan anak dengan mengoptimalkan sumber koping yang dimiliki serta support sistem sehingga akan terwujud ketangguhan kesehatan yang adekuat,” ujar pembimbing Akademik Andin Ajeng R., S.ST., M.Kes.

 

Tag : Istek ICsada, Bojonegoro, pkk, Kanor, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini