Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kembali Mediasi, Warga Sampaikan Tiga Tuntutan kepada Kades Sumuragung

blokbojonegoro.com | Saturday, 04 February 2023 10:00

Kembali Mediasi, Warga Sampaikan Tiga Tuntutan kepada Kades Sumuragung

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Warga Desa Sumuragung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro kembali melakukan mediasi bersama Kepala Desa (Kades) dan Forpimcam Baureno terkait tambang batu kapur PT Whira Bumi Sejati yang berada di Desanya. Warga sampaikan tiga tuntutan dalam mediasi kedua itu, Jumat (3/2/2023).

Tiga tuntutan tersebut yakni, Pemerintah Desa (Pemdes) Sumuragung diminta menutup tambang Milik PT Wira Bumi Sejati secara permanen. Kedua, keterbukaan dan Transparansi Pemdes berkaitan dengan Dana Kompensasi yang telah diterima dari PT Wira Bhumi Sejati dari Tahun 2017 sampai dengan 2022. Kemudian, ketiga yakni, perbaikan Jalan poros Desa seperti sedia kala, yang selama ini dilalui tambang PT Wira Bhumi Sejati.

Perwakilan warga setempat, Ahmad Imron mengungkapkan, warga setempat sudah dua kali ini melakukan pertemuan, pertama penutupan tambang dan sekarang katanya dari PT Wira Bhumi Sejati dan juga dinas terkait hadir, namun tidak ada yang datang.

“Kami akan memberi waktu kepada pihak Desa atas pertemuan kedua ini dengan waktu satu Minggu mulai dari sekarang, agar pihak Pemdes segera menyelesaikan permasalahan ini," ungkapnya.

Pria yang pernah menjadi sebagai Ketua Tim Sukses Kades Sumuragung yang menjabat saat ini menambahkan, kalaupun nanti pihak desa tidak bergerak, warga akan mengkaji dan tidak segan-segan akan membawa ke jalur hukum. 

"Kami masih beretikat baik, dan memberi kesempatan Desa, tapi kalau nanti tidak digubris lagi, warga akan menempuh ke jalur hukum. Karena akibat tambang tersebut yang paling terasa yaitu petani, karena jalan dikeruk hingga dalam. Padahal seharusnya rata dengan jalan raya," pungkasnya. 

Sementara itu menanggapi hal tersebut, Kades Sumuragung Matasim mengatakan, terkait masalah yang dibawa warga, pihak desa mengaku sudah melakukan komunikasi dengan pihak Kecamatan Baureno.

"Kami koordinasinya lewat Kecamatan,” terang pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Baureno itu.

Disinggung terkait langkah-langkah kedepan, Kades Sumuragung akan melakukan Musyawarah Desa (Musdes) bersama masyarakat, tokoh agama, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan lain sebagainya.

 "Sekali lagi kami melakukan kordinasi tambang ini hanya di Kecamatan, dan rencana kedepan, kami akan Musdes bersama tokoh agama, BPD dan lainnya," pungkasnya. [riz/mu]

Tag : Kades, tambang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini