18:00 . Kaesang Harap Milenial di Bojonegoro Merapat ke Setyo Wahono   |   09:00 . Gandeng KEPPK Nasional Kemenkes RI, LPPM STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar EDL dan SIM EPK   |   08:00 . Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri Ikut Jatim Media Summit 2024   |   06:00 . Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Intervensi NU   |   21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Thu, 25 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Barongan dan Jaranan Iringi Penjemputan Wisudawan asal Blora

blokbojonegoro.com | Friday, 10 February 2023 19:00

Barongan dan Jaranan Iringi Penjemputan Wisudawan asal Blora

Pengirim: Ma'rifah Nugraha

blokbojonegoro.com - Mahasiswa tak hanya sibuk dengan ritual akademik saja, tetapi juga menjadi agen promosi kesenian dan budaya. Demikianlah pesan tersirat mahasiswa Blora UIN Walisongo Semarang dalam kegiatan penjemputan wisuda dengan iringan seni barongan dan jaranan.

Di tengah meriahnya pelepasan wisuda UIN Walisongo Semarang ke-87, engan bangga, mahasiswa Blora yang tergabung dalam Ikatan mahasiswa dan pelajar Blora (Impara) menampilkan kesenian khas Blora di Kota Lumpia. Mereka mengiringi wisudawan dari gedung Auditorium II sampai ke tempat peristirahatan yang sudah disiapkan.

Ketua umum Impara UIN Walisongo Semarang, Raihan Fatkur Rahman Syah mengatakan, kegiatan yang dihelat di Kampus 3 UIN Walisongo Semarang, Kamis (9/2) bertujuan untuk menjemput mahasiswa Blora yang wisuda sekaligus merawat seni budaya.

"Sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai mahasiswa untuk melestarikan sekaligus mengenalkan seni budaya daerah sendiri ke masyarakat lebih luas," katanya.

Meskipun Impara komisariat UIN Walisongo Semarang belum memiliki barongan dan jaranan sendiri, sedulur Komunitas perantau Blora (Kopra) di Semarang sangat terbuka untuk membantu Impara dalam peminjaman barongan dan jaranan.

"Sejauh apapun kita melangkah, pulangnya tetap ke rumah yaitu, Blora kita tercinta. Oleh karena itu, ayo bersama-sama memajukan Blora seperti slogan Pak Bupati, Sesarengan Mbangun Blora," harapnya.

Sementara itu, Siti Khairur Rifki Daniyah, wisudawan asal Ngawen, mengaku senang saat diiringi seni barongan dan jaranan.

"Sangat luar biasa dan keren, meskipun anak Impara beberapa ada yang belum ke Semarang tetapi tetap meriah sekali. Sampai-sampai jadi pusat perhatian sekampus. Semoga kedepannya Impara semakin gencar dalam melestarikan seni budaya lokal," ujarnya. [lis]

 

 

 

Tag : Wisudawan, Blora, jaranan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat