11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sofiya, Mahasiswi PAI Unugiri Penerima Beasiswa KIP

Sukses Tekuni Usaha Mahar Pernikahan 3 Dimensi

blokbojonegoro.com | Thursday, 16 February 2023 12:00

Sukses Tekuni Usaha Mahar Pernikahan 3 Dimensi

Pengirim: Usman Roin *

blokBojonegoro.com - Menerima beasiswa, dan aktif kuliah, tidak lantas menggugurkan berwirausaha. Itulah sosok Siti Sofiyatun, mahasiswi Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) pemiliki usaha Sofiya Store Frame Art (SSFA).

Sofiya, yang akrab dipanggil Siti Sofiyatun menyampaikan, bila SSFA yang dirintis adalah usaha toko rumahan yang melayani penjualan frame mahar pernikahan.

“SSFA itu usaha toko frame saya, melayani desain uang mahar pernikahan,” ucapnya.

Mahasiswi PAI semester enam tersebut menambah, bila usahanya itu lahir dari kegelisahan pengrajin frame di Kabupaten Bojonegoro yang banyak gulung tikar. Penyebabnya, ditengarai oleh pesatnya kecanggihan teknologi di mana gambar yang dahulu terpanjang rapi di dinding, kini cukup tersimpan di galeri gadget.

“Agar momen spesial bisa tetap menjadi hiasan cantik di dinding, saya berinisiatif membuat frame mahar  pernikahan 3 dimensi,” imbuhnya.

Melalui pesan WhatsApp (WA), Sofiya juga menceritakan, bila ketertarikan dengan bisnis tersebut semata-mata ingin mendayagunakan skill kreatifitas tangan yang muncul sejak jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). Terlebih, jasa frame mahar di luaran sana harganya dua kali lipat lebih mahal. Sehingga alternatif usaha frame mahar yang sesuai dengan bajet dan inovatif 3 dimensi menjadi pilihan usahanya.

“Era milenial ini, pembuatan jasa frame mahar yang ada mahal-mahal. Karenanya, saya coba menjembatani dengan harga yang sesuai kantong. Apalagi, sejak di MI saya senang dengan seni kreatifitas,” tegasnya.

Secara detail, dara penyuka mie ayam tersebut menjelaskan agar menarik konsumen untuk mengabadikan momen spesial dipernikahan, konsep frame mahar 3 dimensi yang dibuat memiliki aneka pernak-pernik hiasan mulai dari uang mahar mainan, bunga plastik, akrilik, bunga kering, replika buku nikah, replika emas antam, logam serta masih banyak lainnya.

“Jadi, 3 dimensi banyak replikanya. Tergantung permintaan dari pelanggan,” jelasnya.

Lebih lanjut, atas semangat berwirausaha, Tahun 2022, Sofiya menerima bantuan modal usaha Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dari Unugiri. Bila terdapat laba, ia prioritaskan untuk menabung agar bisa melanjutkan jenjang Program Magister. Terlebih, selama kuliah di Prodi PAI, Sofiya telah mendapatkan beasiswa KIP sampai lulus.

“Alhamdulillah, melalui modal usaha ini saya putar untuk mengembangkan frame mahar pernikahan. Ketika ada laba, saya tabung agar bisa meneruskan jenjang S2,” paparnya.

Di akhir wawancara, Sofiya yang beralamat di Gang Sutowijoyo Dukuh Ngitik Rt. 10 Rw.02, Desa Tanjungharjo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, mengimbau kepada mahasiswa Prodi PAI, untuk tidak malu atau takut melangkah dalam memulai dan menjalankan usaha. Menurutnya, sukses itu tidak didapat dengan banyak berangan-angan. Melainkan, dari kecilnya usaha yang kemudian diniati dengan kesungguhanlah puncak sukses akan diraih.

“Teruntuk mahasiswa Prodi PAI tercinta, tidak perlu takut dan malu berwirausaha. Sukses itu dari usaha-usaha kecil yang kita tekuni, bukan dengan angan belaka,” pintanya.

Terhadap hal itu, Kabid Karir, Kewirausahaan dan Alumni Unugiri, Miftahul Mufid, M.Pd.I., senang dengan kreatifitas Sofiya dengan inovasi 3 dimensi mahar pernikahan. Ia mematahkan mitos susah kuliah sambil berwirausaha. Dengan semangat keuletannya tersebut Sofia Store Frame Art berpeluang besar sukses.

“Sofiya itu mahasiswi tekun dan punya tekat kuat kuliah sambil berwirausaha. Apalagi, produknya berkualitas dengan harga terjangkau. Jadi, peluang suksesnya besar,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Kaprodi PAI Su’udin Aziz, M.Ag., yang bangga dengan capaian semangat wirausaha salah satu mahasiswi PAI. Profil lulusan guru PAI excellent terwujud, ditopang dangan skill inovatif berwirausaha, pungkasnya. [ito]

* Pengirim adalah Dosen Prodi PAI Unugiri.

Tag : mahasiswa, unugiri, bojonegoro, frame



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat