11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tanggul di Sambiroto Longsor, Pemdes Koordinasi dengan Pemangku Kebijakan

blokbojonegoro.com | Saturday, 18 February 2023 16:00

Tanggul di Sambiroto Longsor, Pemdes Koordinasi dengan Pemangku Kebijakan

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Meluapnya air Sungai Bengawan Solo, mengakibatkan aliran Sungai Loro di wilayah Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro terhambat. Sehingga tinggi muka air (TMA) mengalami kenaikan yang mengakibatkan erosi pada tanggul Sungai Loro, Sabtu (18/2/2023).

Kasi Pemerintahan Desa Sambiroto, Majuri mengungkapkan, erosi pada tanggul tersebut bukan yang pertama kalinya. Ia mengaku, karena mungkin pada saat pembangunan cekdam dulu terdapat kesalahan teknis, sehingga air yang melintasi cekdam itu selalu menggerus bahu tanggul.

"Ini ada penurunan, karena dulu waktu dapat bantuan cekdam dan pengerjaannya itu mungkin ada kesalahan teknis ya. Karena pintunya itu posisi ada di pinggir cekdam jadi posisinya air mengalir itu selalu menggerus bahu tanggul itu," ungkap Majuri kepada blokBojonegoro.com.

Majuri menambahkan, beberapa bulan lalu cekdam tersebut baru dikasih Bronjong. Namun karena posisi pintu air di samping cekdam (disisi kanan dan kiri) sehingga air melintas selalu menggerus bahu tanggul itu. Apalagi saat ini debit airnya juga tinggi, maka harus segera diperbaiki.

"Tadi Pak Kades sudah komunikasi dengan BPBD Bojonegoro, BBWS Bengawan Solo, Dinas PU SDA dan Pertamina EP Asset 4 Sukowati. Dan saat ini sudah mulai diperbaiki," ujarnya.

Lebih lanjut, karena kondisi sangat darurat, sehingga diperbaiki dengan diambilkan tanah dari samping kanan kiri tanggul untuk menutup yang longsor itu. Dan nantinya juga akan diberi sesek dan beberapa bahan kebutuhan untuk membendung air yang mengancam jebolnya tanggul itu.

"Sebenarnya mau diambilkan tanah dari Kaliketek. Namun keadaan sudah darurat dan akses menuju ke tanggul sempit, akhirnya diambilkan tanah dari samping kanan kiri tanggul saja," imbuhnya.

Majuri mengaku, jika tanggul tersebut tak segera ditangani, kemungkinan besar akan jebol dan mengancam tanaman padi di 5 Desa di Kecamatan Kapas diantaranya, Desa Sambiroto, Bakalan, Sukowati, Semanding bahkan hingga ke Desa Klampok. [riz/ito]

Tag : Banjir, bojonegoro, tanggul, sambiroto



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat