20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Sun, 21 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ini Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Mi Instan, Menggangu Kesehatan Jantung Dan Lainya Simak Penjelasanya

blokbojonegoro.com | Tuesday, 21 February 2023 07:00

Ini Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Mi Instan, Menggangu Kesehatan Jantung Dan Lainya Simak Penjelasanya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Apakah penyuka mengonsumsi mi instan secara berlebihan? Ternyata jika kita mengkonsumsi secara berlebih dapat menggangu kesehatan tubuh, bahkan sangat fatal dapat menyebabkan penyakit jantung.

Ya semua orang tentunya pernah dansering mengkonsumsi mi instan, disisi lain mi instan ini sangat mudah didapatkan dan murah, namun ternyata mengkonsumsinya berlebih mampu menimbulkan berbagai penyakit merusak kesehatan tubuh.

Diketahui mi instan dilansir dari Nextshark, dalam penelitian yang dilakukan Universitas Harvard dan Baylor beberapa tahun lalu, membuat kaget publik.

Diterbitkan dari Journal of Nutrition, mi instan mempunyai peluang untuk meningkatkan risiko penyakit jantung hingga stroke, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dari penelitian yang dilakukan oleh kedua universitas tersebut melibatkan 11 ribu warga Korea Selatan antara usia 19 sampai dengan 64 tahun.

Menurut penelitian tersebut dapat dianalisis bahwa sebagian wanita Korea Selatan berisiko tinggi mengalami sindrom metabolik. Dan justru penemuan itu tidak ditemukan pada partisipan pada pria.

Sindrom metabolik sendiri dapat menimbulkan efek peningkatan gula darah dan tekanan darah. Hal ini dapat berujung pada risiko yang lebih tinggi meliputi diabetes, stroke atau penyakit jantung.

"Meskipun mi instan adalah makanan yang nyaman dan lezat, ada peningkatan risiko sindrom metabolik karena adanya natrium yang tinggi, lemak jenuh yang tak sehat serta beban gilkemik," kata Hyun Shin, dokter Harvard Public Health dan salah satu penulis penelitian.

Mi instan menjadi salah satu makanan yang dinilai sangat praktis saat penyajiannya.

Selain itu, berbagai jenis varian yang ditawarkan kerap membuat masyarakat tergoda untuk mencoba mi instan dan sangat mudah untuk didapatkan.

Namun, sebaiknya pastikan kamu tidak mengonsumsi mi instan terlalu sering.

Ada berbagai dampak kesehatan yang berisiko kamu alami jika kamu berlebihan saat mengonsumsi mi instan.

Berikut ini daftar penyakit yang berisiko dialami saat kamu terlalu sering banyak mengonsumsi mi instan :

1. Tekanan Darah Tinggi

Tentunya sudah banyak masyarakat yang mengetahui bahwa di dalam mi instan terdapat kandungan garam yang sangat tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi garam membuat kamu berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan pada tubuh, salah satunya tekanan darah tinggi.

Jika tidak diatasi dengan baik, tekanan darah tinggi dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan, seperti serangan jantung, gangguan ginjal, gangguan mata, hingga demensia.

2. Diabetes

Bukan hanya kandungan garam, ternyata mi instan memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi di dalamnya. Hal ini berisiko menyebabkan penyakit diabetes memburuk atau berisiko mengalami penyakit diabetes.

3. Keguguran

Jika kamu sedang menjalani kehamilan, sebaiknya perhatikan porsi saat mengonsumsi mi instan. Kandungan garam dan bahan pengawet dalam makanan instan ini bisa memicu berbagai gangguan kehamilan. Bahkan yang lebih parahnya lagi, kebiasaan makan mi instan berlebih saat hamil meningkatkan risiko keguguran.

Sebaiknya pastikan kamu selalu mengonsumsi berbagai makanan sehat agar kebutuhan nutrisi selama hamil dapat terpenuhi dengan baik. Dengan begitu, ibu akan terhindar dari berbagai gangguan kehamilan yang bisa menyebabkan dampak buruk pada ibu maupun bayi dalam kandungan.

4. Sakit Kepala Kronis

Mengonsumsi mi instan dalam jumlah porsi yang banyak dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh kandungan garam serta MSG yang terkandung dalam mie instan.

Mengonsumsi MSG secara berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala dari yang terbilang ringan hingga yang cukup parah. Jadi, pastikan kamu mengontrol asupan mi instan agar tidak berlebihan.

5. Gangguan Hati

Kandungan pengawet di dalam mi instan dinilai dapat memicu gangguan pada hati. Selain itu, tingginya kandungan garam juga berisiko menyebabkan kerusakan hati.

6. Obesitas

Dampak lain yang bisa kamu alami ketika terlalu sering mengonsumsi mie instan adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Kondisi ini yang tidak diatasi dengan baik dapat memicu munculnya penyakit kronis.

7. Malnutrisi

Terlalu banyak mengonsumsi mi instan dapat meningkatkan risiko malnutrisi, khususnya pada anak-anak. Menyiapkan mi instan untuk anak-anak merupakan hal yang menarik karena dinilai praktis dan pasti disukai oleh anak. Namun, jangan lupakan berbagai kebutuhan nutrisi yang perlu ibu penuhi agar tumbuh kembang anak berjalan secara maksimal.

Demikianlah daftar penyakit yang berisiko dialami saat kamu terlalu sering banyak mengonsumsi mi instan, yang telah dirangkum untuk Anda.

*Sumber: suara.com

 

Tag : kesehatan, pendidikan, mi instan, makanan instan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat