Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari RPL Desa di Bojonegoro, Akan Berlanjut ke Jenjang S2

blokbojonegoro.com | Friday, 03 March 2023 20:00

Hari RPL Desa di Bojonegoro, Akan Berlanjut ke Jenjang S2

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Kemendes PDTT menetapkan bahwa hari Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa jatuh pada tanggal 3 Maret. Dan puncak peringatan Hari RPL Desa Tahun 2023 dilaksanakan di Bojonegoro pada Jumat (03/03/2023) di GOR Utama Bojonegoro. 

Program RPL mempunyai banyak manfaat dengan pembiayaan mahasiswa massal oleh APBD, perkuliahan tanpa meninggalkan tugas di desa serta pengakuan pengalaman kerja sebagai pengganti mata kuliah yang sesuai. 

Bupati Bojoengoro Anna Mu'awanah menyampaikan bahwa program RPL dicanangkan untuk peningkatan kualitas SDM. "Program Rekognisi Pembelajaran Lampau atau RPL merupakan program untuk pegiat pembangunan desa," tutur Bupati Bojonegoro. 

Program RPL Desa jenjang S2 nanti akan bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret dan Universitas Brawijaya.

Disebutkan bahwa suksesnya program RPL jenjang S1 pada tahun 2022 telah berhasil menjaring 999 orang. Dengan rincian mahasiswa RPL dari UNESA sebanyak 605 orang dan mahasiswa RPL dari UNY sebanyak 394 orang. Melanjutkan keberhasilan RPL jenjang S1, Pemkab Bojonegoro sebentar lagi akan membuka program RPL untuk jenjang S2 dan telah mendapatkan 910 peminat. 

Kesan pembelajaran diungkapkan oleh salah satu peserta RPL yang belajar di UNY. Menurutnya, hasil kuliahnya bisa diaplikasikan dan membantu saat bekerja. "Perkuliahan ini benar sungguh kami ikuti dan ini sangat membantu saya dalam bekerja," ungkapnya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar berpesan kepada peserta program RPL untuk benar-benar menerapkan hasil pembelajaran untuk memperoleh manfaat kebersamaan.

"Saya berharap bahwa tema ujian yang diambil dari masalah keseharian yang ditemukan di tempat kerja, sehingga nantinya bisa diaplikasikan untuk mendapatkan solusi yang terbaik," ujar Abdul Halim Iskandar yang juga menyampaikan bahwa untuk kedepannya program RPL akan dilanjutkan untuk jenjang S2.

"Kedepan akan kita songsong RPL untuk jenjang S2 untuk Bojonegoro dan untuk pertama kalinya juga kita tetapkan hari RPL pertama kali di Bojonegoro," ungkap Abdul Halim Iskandar. [lis]

Tag : RPL, jenjang, s2



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini