Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cuma Jalan Kaki Bisa Jauhkan Stroke dan Penyakit Jantung? Ini Bukti Ilmiahnya

blokbojonegoro.com | Monday, 06 March 2023 07:00

Cuma Jalan Kaki Bisa Jauhkan Stroke dan Penyakit Jantung? Ini Bukti Ilmiahnya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Cara mudah dan mudah menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung sudah ditemukan, yakni dengan rutin jalan kaki. Beneran? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin berjalan kaki secara signifikan mampu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Melansir dari Daily Mail UK, Sabtu (4/3/2023) berdasarkan Asosiasi Jantung Amerika menyampaikan mereka yang terbiasa berjalan kaki sekitar 3.500 langkah perhari memiliki risiko 77 persen lebih rendah mengalami masalah jantung.

Para peneliti menjelaskan bagi para lansia untuk menambahkan 500 langkah secara bertahap bisa menurunkan kemungkinan risiko penyakit jantung sebesar 14 persen.

“Meskipun kami tidak menekankan untuk mengurangi aktivitas fisik, mendorong peningkatan kecil melalui langkah sederhana dalam jumlah harian juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung secara signifikan,” ungkap Erin E. Dooley, asisten profesor epidemiologi di Universitas Alabama.

Kendati demikian masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan langkah harian yang lebih tinggi. Hal tersebut guna mengetahui apakah langkah yang lebih tinggi bisa mencegah bahkan terhindar dari masalah kesehatan jantung, atau langkah yang sedikit bisa menjadi indikator pemicu masalah kesehatan lainnya.

Seperti disampaikan ahli bidang aktivitas fisik dan prilaku dari Universitas Leicester, Profesor Tom Yates bahwa belum ada bukti pasti mengenai aktivitas berjalan terlalu lama atau banyak yang memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menilik pada penelitian yang dilakukan Dooley dkk, bahwa langkah-langkah tersebut hanya diukur pada titik waktu. Sehingga para peneliti tidak dapat memeriksa apakah perubahan langkah dari waktu ke waktu bisa berdampak pada kesehatan jantung.

*Sumber: suara.com

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan, jalan kaki, olahraga



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini