07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Keren...!!! Bisnis Donat, Mahasiswi Unugiri Bisa Penuhi Kebutuhan Kuliah Sendiri

blokbojonegoro.com | Monday, 13 March 2023 11:00

Keren...!!! Bisnis Donat, Mahasiswi Unugiri Bisa Penuhi Kebutuhan Kuliah Sendiri

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bahagia berwirausaha, mungkin kalimat itulah yang cocok tersematkan kepada Eka Vitria Nanda, Mahasiswa Universitas Nahdatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro yang kini menggeluti bisnis kuliner berupa donat susu atau Donatsu Javanes by Jeeff.

Eka sapaan karibnya, dara asal Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro mengungkapkan bila donat yang ia produksi memiliki varian rasa beragam seperti strawberry, anggur, matcha. Hingga aneka topping marshmellow, coklat, kacang serta keju.

Supaya tampilan donatsu menarik, ia tambah hiasan tulisan dan gambar khas sesuai pemesanan. Tentu dengan harga yang relatif terjangkau mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 35.000.

"Kalau harga Rp 15.000 isi 6 per harga Rp 15.000 isi 6 per bok, Rp 25.000 isi 9 dan Rp. 35.000 isi 12 hingga 16 per bok," ujar Eka.

Menurutnya, kreativitas membuat donat muncul saat ia mengabdi di pondok dan sering dipasrahi membuat jajanan seperti kue tart, kue kering dan donat. Baru setelah pulang, ia kemudian encoba berjualan dari hasil masakan sendiri. Terlebih juga memiliki hobi berbisnis sejak di sekolah dasar.

"Dulu waktu SD juga sering jualan di sekolah. Dari ayam geprek, pisang coklat, nasi kuning, gorengan sampai es wawan. Saat nyantri di Ngasem sering diminta membuat jajanan, setelah boyong berulah muncul ide berjualan makanan hasil olahan sendiri," ucapnya.

Memiliki hobi berwirausaha, hal tersebut tidak terlepas dari doa dan dukungan kedua orang tuanya yang juga memiliki sebuah usaha toko sembako. Dan kini merambah usaha jajanan desa.

Agar terus merambah pelanggan, penjualan donat susu ia juga memanfaatkan media sosial seperti instagram. Serta penjualan ia lakukan dengan sistem cash on delivery (COD) dan hanya dilayani saat hari libur.

"Kalau ada yang pesan untuk acara ulang tahun maupun pernikahan masih bisa teruma. Tetapi produksi dilakukan saat malam hari usai kuliah," ujar dara asal Ngasem.

Karena kegigihan dan semangatnya dalam berwirausaha, tak kalah menarik. Rupanya Eka juga sempat mendapatkan bantuan modal usaha melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dari Universitas Nahdatul Ulama Sunan Giri di Tahun 2022 lalu.

Dari hasil berjualan, ia juga bisa memenuhi kebutuhan di perkuliahan hingga membeli kebutuhan usaha berupa mixer baru untuk mempercepat laju usahanya.

"Semester 7 sempat dapat pendanaan wirausaha. Alhamdulillah saya gunakan beli bahan untuk pemenuhan usaha, kebutuhan kuliah hingga peralatan masak," ulasnya

Eka berharap, dari hasil usaha donat yang ia tekuni nantinya bisa memiliki outlet sendiri yang dekat dengan wilayah perkotaan. Serta ingin merekrut karyawan sebanyak-banyaknya, dengan harapan bisa mengurangi jumlah pengangguran di Bojonegoro.

"Harapannya pastinya usahanya ingin besar dan bisa membantu mereka yang memang membutuhkan pekerjaan," harap pemilik usaha Donatsu Javanes by Jeeff. [liz/mu]

Tag : bisnis, donat, kuliner



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat