Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

SKK Migas -KKKS Jabanusa Gelar Lokakarya Media untuk Wartawan di Jatim dan Jateng

blokbojonegoro.com | Wednesday, 15 March 2023 19:00

SKK Migas -KKKS Jabanusa Gelar Lokakarya Media untuk Wartawan di Jatim dan Jateng

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa) menyelenggarakan Lokakarya Media, Rabu-Kamis (15-16/3/2023).

Lokakarya dilaksanakan di Kusuma Agrowisata, Kota Batu, Jawa Timur, diikuti puluhan wartawan media siber, cetak, televisi, dan radio di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selain itu, dihadiri KKKS, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Pertamina EP Cepu (PEPC), dan Pertamina EP Zona 11.

Kepala Departemen Humas SKK-Migas Jabanusa Indra Zulkarnain dalam lokakarya dengan tema Jurnalisme lingkungan dan peran industri Hulu Migas dalam Pengurangan Emisi Karbon ini, menyampaikan bahwa tantangan ke depan adanya transisi energi untuk pengurangan karbon, industri migas tetap menjadi energi yang penting.

"Ada 4 strategi yang telah kami siapkan dalam kegiatan industri hulu migas dengan pengurangan emisi karbon di tahun 2060. Yakni mengupayakan zero flare, teknologi injeksi karbondioksida, desain tempat Carbon Capture Utilitize (CCU), dan melakukan penghijauan di wilayah kerja KKKS," ungkapnya.

Lokakarya berlangsung dengan santai dan banyak berdiskusi langsung dengan para peserta. Lokakarya ini, menghadirkan narasumber Peneliti Komunikasi Lingkungan yang juga dosen program studi Jurnalistik Universitas Padjadjaran, Dr. Herlina Agustin, S.Sos., M.T., yang fokus pada Jurnalisme Lingkungan.

"Wartawan dalam membuat berita tentang lingkungan bisa menilai dari sisi pemanfaatan dan konservasi, sehingga cakupannya lebih luas, dan kajiannya juga lebih mendalam," ulas Herlina.

Lokakarya dimulai dengan ditandai dengan pemukulan gong oleh Indra Zulkarnain. Dalam 2 hari ini, para awak media mengikuti lokakarya di hari pertama, dan besok mengikuti Team Building dan Photo Competition.

Tag : Lokakarya, media, Bojonegoro, Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini