16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Susah-Susah Gampang! Ini 3 Cara Belajar Anak Penyendiri: Lebih Suka Sepi dan Tenang

blokbojonegoro.com | Thursday, 16 March 2023 07:00

Susah-Susah Gampang! Ini 3 Cara Belajar Anak Penyendiri: Lebih Suka Sepi dan Tenang

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Semua anak istimewa, begitu juga dengan cara anak belajar memiliki metodenya tersendiri yang dirasa cocok sehingga materi lebih mudah diterima. Tapi ada nggak sih, cara belajar anak penyendiri alias anak introvert yang tepat?

Asisten Kepala Sekolah Dasar Breckinrideg-Franklin di Louisville, Kentucky, Joy Billops mengatakan salah satu tanda anak membutuhkan guru les privat adalah saat ia merasa kesulitan selama belajar, terutama pada mata pelajaran tertentu.

Sedangkan siswa yang memiliki kepribadian penyendiri alias introvert bakan nyaman belajar dengan keadaan tenang. Tapi orangtua atau pengajar harus kenyamanan dan kebutuhan anak itu sendiri. Berikut ini rekomendasi cara belajar anak penyendiri yang bisa diterapkan, mengutip siaran pers Ruangguru, Kamis (9/3/2023).

1. Belajar Sendiri

Belajar secara otodidak selain menghemat biaya juga fleksibel baik waktu, tempat juga membebaskan siswa memilih suasana belajar yang dapat meningkatkan kualitas belajar. Dan tentunya belajar secara otodidak melatih kemandirian membiasakan untuk tidak bergantung pada orang lain dan mendorong siswa untuk memecahkan masalah sendiri.

2. Belajar Kelompok di Grup Kecil

Meskipun memiliki karekter penyendiri, perlu diperhatikan bahwa belajar bersama teman dapat mendorong siswa untuk bertukar ide serta bersosialisasi sehingga memungkinan kita mendapatkan sudut pandang yang bervariasi dari teman-teman.

Selain itu, belajar kelompok juga dapat mempererat pertemanan untuk saling toleransi dan membantu satu sama lain. Agar tetap nyaman, anak dapat belajar kelompok dengan jumlah kecil sehingga dapat terjaga konsentrasinya.

3. Les Privat

Les privat bisa menjadi salah satu cara efektif meningkatkan prestasi anak disekolah. Anak pada umumnya akan enggan untuk kembali mengulang pelajaran yang didapatnya di sekolah, padahal dengan mengulang pelajaran dapat memaksimalkan ingatan serta pemahaman guna menunjang prestasi anak.

Les privat juga akan memudahkan guru untuk menerapkan metode belajar yang lebih terpersonalisasi mengikuti tempo belajar anak. Selain itu, kelebihan dari metode les privat bagi anak jadwal belajar lebih fleksibel, lebih mudah konsentrasi, pengajaran insentif, mudah dipantau dan diawasi serta menghemat biaya dan tenaga.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, anak penyendiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat