Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jangan Cengeng! 7 Cara agar Tidak Mudah Menangis, Ternyata Ada Trik Khusus

blokbojonegoro.com | Saturday, 18 March 2023 07:00

Jangan Cengeng! 7 Cara agar Tidak Mudah Menangis, Ternyata Ada Trik Khusus


Reporter: -

blokBojonegoro.com - Menangis merupakan salah satu cara mengekspresikan emosi. Ini adalah kondisi yang wajar terjadi. Namun, pasti ada waktu di mana Anda berusaha mencoba berbagai cara agar tidak mudah menangis, misalnya ketika sedang di kantor atau berada di depan banyak orang.

Apakah Anda sudah menemukan caranya? Jika belum, cobalah beberapa cara berikut.

Cara agar Tidak Mudah Menangis

Melansir dari laman Psych Central, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya Anda bisa menahan air mata.

Latihan pernapasan

Saat stres, menangis adalah salah satu cara tubuh Anda melepaskan energi negatif tersebut. Namun jika Anda ingin menahannya untuk beberapa saat, cobalah menerapkan teknik pernapasan sederhana.

Ambil napas secara perlahan, hitung sampai 8–10 ketukan lalu ahan di dalam perut. Metode ini akan membantu saraf parasimpatis Anda menjadi lebih tenang sehingga air mata dapat ditahan.

Memijat sesuatu

Alih-alih menangis, cobalah untuk menyalurkan emosi Anda pada benda. Caranya, ambil barang di dekat Anda dan tekan-tekan benda tersebut.

Usahakan untuk memilih benda-benda kecil seperti koin, bola bekel, atau penjepit rambut. Cara ini cukup efektif untuk menyalurkan rasa ingin menangis karena gelisah.

Alihkan perhatian

Jika Anda ingin menangis saat sedang melihat film, cara terbaik untuk menghindarinya tentu saja menjauhkan pandangan Anda dari film tersebut. Mengalihkan perhatian dari sesuatu yang membuat Anda menangis adalah cara paling jitu untuk menahan air mata keluar.

Sementara itu, apabila Anda ingin menangis saat sedang berbicara dengan seseorang, hindari melihat matanya langsung.

Terapkan teknik 5-4-3-2-1

Teknik 5-4-3-2-1 dilakukan untuk membuat indera Anda fokus pada sesuatu tertentu sehingga sejenak melupakan emosi yang ada.

Caranya, fokus pada lima benda yang bisa Anda lihat, empat benda yang bisa disentuh, tiga hal yang bisa didengar, dua hal yang bisa dicium, dan satu hal yang bisa dicicipi. Teknik ini akan membuat indera Anda terfokus pada sekitar alih-alih perasaan di dalam hati.

Ucapkan mantra

Tangisan yang ingin ditahan biasanya merupakan buah emosi negatif. Oleh karena itu, untuk melawannya Anda bisa mencoba menyebutkan mantra sebagai bentuk afirmasi.

Contoh mantranya, "Semua akan berlalu, kamu pasti bisa mengatasinya."

Bisa juga dengan kalimat, "Ini memang melelahkan, tetapi sebentar lagi akan usai."

Dongakkan kepala

Cara agar tidak mudah menangis selanjutnya adalah mendongakkan kepala. Tentu saja cara ini paling mudah dan akan bekerja layaknya gravitasi.

Selain mendongakkan kepala, Anda juga bisa menahan untuk tidak berkedip supaya air mata yang sudah menggenang tidak jatuh begitu saja.

Jangan menyangkal emosi yang ada

Menangis adalah hal normal yang bisa dialami oleh siapa saja. Jika sudah tidak sanggup menahannya, tidak ada salahnya untuk membiarkannya. Jika tidak ingin dilihat oleh banyak orang, Anda bisa mengambil waktu menyendiri terlebih dahulu.

*Sumber: suara.com

 

Tag : menangis, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini