07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Kebiasaan Makan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung Saat Puasa, Apa Saja?

blokbojonegoro.com | Thursday, 23 March 2023 07:00

5 Kebiasaan Makan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung Saat Puasa, Apa Saja?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bagi penderita asam lambung, saat bulan Ramadhan terkadang cukup menjadi tantangan. Pasalnya, orang-orang dengan asam lambung harus menjaga makanan yang dikonsumsinya agar asam lambungnya itu tidak kambuh.

Saat puasa, dalam perut masih memproduksi asam lambung. Hal ini karena perut akan kosong sebagian karena tidak adanya makanan atau minuman yang masuk. Oleh sebab itu, perut akan menjadi sangat sensitif saat berpuasa.

Ketika makanan yang dikonsumsi tidak diatur, ini akan sangat memengaruhi kambuhnya asam lambung. Untuk itu, penting memperhatikan berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Hindari juga berbagai makanan yang dapat membuat asam lambung meningkat.

Melansir laman Kompanion, berikut terdapat beberapa makanan dan minuman yang dapat dihindari ketika berbuka atau sahur untuk mencegah kambuhnya asam lambung.

1. Hindari buah yang asam

Berbagai jenis buah-buahan yang asam seperti lemon, jeruk, dan lain-lain menjadi makanan yang perlu dihindari. Pasalnya, beberapa buah ini dapat mendorong asam lambung untuk naik. Kalaupun harus mengonsumsinya juga penting untuk tidak berlebihan. Hal tersebut dapat mencegah kambuhnya asam lambung.

2. Konsumsi makanan rendah lemak

Makanan rendah lemak akan membantu mencegah kambuhnya asam lambung saat puasa. Beberapa makanan tersebut mulai dari melon, pisang, oatmeal, nasi, sayuran hijau, ikan, dan lain-lain. Makanan tersebut akan mencegah kambuhnya asam lambung.

3. Hindari konsumsi kopi

Usahakan tidak langsung mengonsumsi kopi saat berbuka. Perut yang kosong ketika minum kopi akan berisiko alami asam lambung meningkat. Cobalah batasi konsumsi kopi saat puasa. Jika tidak bisa, coba untuk mengonsumsinya setelah makan.

4. Jangan berbaring setelah makan

Pastikan untuk tidak berbaring setelah konsumsi makanan. Perut yang kenyang saat ketika berbaring akan meningkatkan asam lambung. Usahakan berbaring kurang lebih dua jam setelah makan.

5. Jangan konsumsi berlebihan saat berbuka

Saat berbuka puasa, hindari juga konsumsi makanan berlebihan. Selain itu, kurangi makan makanan berminyak dan tinggi gula saat berbuka puasa. Makanan yang berlebih dapat membuat perut menjadi kaget dan menimbulkan perasaan tidak nyaman.

*Sumber: suara.com

Tag : Puasa, kesehatan, ramadhan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat