18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kiat Berpuasa Aman Bagi Penderita Diabetes, Ini Tipsnya

blokbojonegoro.com | Friday, 31 March 2023 10:00

Kiat Berpuasa Aman Bagi Penderita Diabetes, Ini Tipsnya

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kiat berpuasa bagi penderita diabetes, menurut dr. Christian Jonathan, Sp.PD, dokter spesialis penyakit dalam di RSUD DR. R.Sosodoro Djatikoesoemo. Menurutnya, diabetes merupakan penyakit yang banyak ditemukan pada warga Indonesia dan umumnya terjadi pada usia lanjut, berat badan yang berlebih hingga pengaruh faktor genetik. Bahkan penderita diabetes yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit yang sama, juga berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit ini.

Namun bagi penderita diabetes, apabila ingin berpuasa. Maka perhatikan beberapa hal agar tetap sehat dan aman. "Termasuk memperhatikan kadar gula darah secara teratur selama berpuasa. Misal dengan alat ukur glukosa darah," ungkap dr. Christian Jonathan, Sp.PD.

Penderita diabetes juga wajib mewaspadai apabila gula darah yang terlalu rendah, ditandai dengan pusing dan rasa lelah berlebihan, berkeringat dingin dan kulit menjadi lembab. Hingga kepala terasa ringan, jantung berdebar-debar dan berdetak cepat. 

Mudah tersinggung, kelaparan dan mual, hingga kehilangan kesadaran atau pingsan. Hal ini masuk kasus yang parah bagi penderita tersebut. "Gejala umumnya terjadi pada kadar gula darah yang terlalu tinggi/hiperglikemia yaitu sering merasa haus, sering buang air kecil, mudah merasa lelah dan lesu," ulasnya. 

Selain itu juga luka sulit sembuh, gatal-gatal pada kulit, terutama di area genital, nafas bau acetone dan gangguan pencernaan. Dr. Jonathan menambahkan, bahwa pasien diabetes yang berpuasa tetap harus rutin mengonsumsi obat-obatan.

Namun mereka harus tetap berhati-hati, sebab beberapa kasus penderita diabetes. Mungkin harus memperoleh dosis yang lebih rendah/lebih tinggi dari obat mereka selama periode puasa. "Terkadang dokter dapat mengganti obat pasien dengan obat yang lebih cocok sesuai jadwal makan pasien selama puasa," tutur dokter spesialis penyakit dalam di RSUD DR. R. Sosodoro Djatikoesoemo itu.

Penderita diabetes juga harus memastikan bahwa mereka tetap terhidrasi dengan baik selama puasa. Di antaranya mengkonsumsi banyak air serta menghindari kafein, juga minuman manis yang mengandung gula/karbohidrat tinggi saat sahur dan berbuka. 

"Jika ingin mengonsumsi minuman es, ada beberapa opsi yang lebih sehat untuk dipertimbangkan. Misalnya, minuman es yang dibuat dengan bahan-bahan segar tanpa tambahan gula atau sirup," tambahnya.

Namun perlu diperhatikan porsi dan frekuensi konsumsinya. Meskipun minuman es yang dibuat dengan bahan-bahan sehat, dokter tetap tidak menyarankan dikonsumsi terlalu sering.

"Ibadah puasa bisa tetap berjalan dengan baik, tetapi ingat jangan sampai terjadi komplikasi. Harus rajin pantau gula darah secara rutin, segera konsultasikan ke dokter apabila terjadi gula darah rendah (anjlok) bahkan tinggi," pesannya. [liz/lis]

 

Tag : Diabetes, puasa, tips



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat