15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Belajar Praktik Bermasyarakat, Ratusan Siswa MAI ATTANWIR Laksanakan TAT

blokbojonegoro.com | Wednesday, 12 April 2023 20:00

Belajar Praktik Bermasyarakat, Ratusan Siswa MAI ATTANWIR Laksanakan TAT

 Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Sebagai bagian untuk pembelajaran terjun ke masyarakat, siswa Madrasah Aliyah Islamiyah (MAI) ATTANWIR Talun Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro melaksanakan kegiatan Tadribul Amal Atta’limi (TAT). Kali ini kegiatan TAT berlangsung di Kecamatan Balen selama 10 hari mulai tanggal 3 April hingga 12 April 2023. 

Setelah usai menjalankan kegiatan TAT, Rabu (12/4/2023) digelar kegiatan penutupan yang dirangkai dengan santunan anak yatim dan buka bersama di Masjid Baiturrohim Desa Bulaklo. Saat penutupan hadir Kepala Yayasan Ponpes Attanwir, KH Nafik Sahal, dewan guru MAI ATTANWIR, Ketua Ikatan Keluarga Ma'had Islami Attanwir (IKAMI ATTANWIR) Pusat, Drs Mustam, dan Sekjen IKAMI Pusat, Muhammad Abdul Qohhar, Pengurus IKAMI Cabang Bojonegoro, para alumni ATTANWIR Kecamatan Balen serta dewan guru pembimbing siswa saat TAT.

Kepala MAI ATTANWIR, Surono dalam sambutannya mengatakan, kegiatan TAT diikuti siswa kelas XI dengan total peserta mencapai 100 siswa lebih. Peserta sebelum diterjunkan turut TAT terlebih dahulu mengikuti seleksi. Mereka belajar berkiprah langsung bersama masyarakat melalui berbagai lembaga pendidikan mulai PAUD, TK, Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu juga turut mengajar Diniyah, TPQ serta ikut memakmurkan masjid dan musala.

“Tahun depan kegiatan TAT yang berlangsung di bulan Ramadan ini akan kita maksimalkan lagi, kali ini siswa TAT tersebar di 13 Desa” ujarnya.

Selanjutnya, Mudir Ponpes Attanwir KH. Nafiq Sahal berharap kegiatan TAT ini membawa berkah kepada semua. Terlebih bagi siswa agar ilmu yang didapatkan bermanfaat. "Karena meskipun di sekolah memiliki kebiasaa ngantuk jika ilmunya bermanfaat bisa memberikan kemanfaatan bagi diri sendiri dan orang banyak. Semoga ilmunya manfaat, barokah fiddini waddun ya wal akhiroh,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni Ma’had Attanwir (IKAMI) pusat Mustam menyampaikan, jika kegiatan TAT adalah kegiatan praktik lapangan dari materi pelajaran yang didapat selama di kelas, namun selain pelajaran di kelas siswa juga mendapatkan pelajaran berharga di kegiatan ektrakulikuler sekolah. Sehingga dalam dalam bermasyarakat para siswa sudah matang dan siap.

“Jadi, itu organisasi di sekolah menjadi bekal menghadapi kehidupan di masyarakat,” tuturnya.

Kepala Desa Bulaklo Purwanto mengapresiasi kegiatan TAT kali ini dan berterimakasih kepada pihak madrasah yang mempercayakan kegiatan TAT kali ini di desa yang dipimpinnya. 

“Sekali lagi saya berterimasih, semoga kedepan desa kami di tempati lagi, di sini juga banyak alumninya,” ucapnya.

Rangkaian penutupan kegiatan TAT kali ini diakhiri dengan Mauidhoh Hasanah yang disampaikan oleh KH. Hamim Sanadi, guru sepuh ATTANWIR yang juga terkenal sebagai da'i kondang di Bojonegoro. [lis]

Tag : ATTANWIR, masyarakat, siswa, TAT



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat