15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Tue, 23 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peristiwa Gerhana Matahari Hibrid, Wilayah Bojonegoro Terlihat 60 Persen

blokbojonegoro.com | Thursday, 20 April 2023 09:00

Peristiwa Gerhana Matahari Hibrid, Wilayah Bojonegoro Terlihat 60 Persen

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa gerhana matahari hibrid akan terjadi pada 20 April 2023.

Gerhana matahari hibrid merupakan fenomena gerhana matahari yang terjadi ketika bulan berada di antara bumi dan matahari. Serta tidak sepenuhnya menutupi matahari, sehingga terlihat seperti cincin api di sekeliling bulan yang menutupi sebagian matahari.

"Gerhana matahari hibrid terjadi ketika gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian terjadi dalam satu peristiwa yang sama," ungkap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Zem Irianto. 

Lanjut dia, pihak BMKG juga akan menyiarkan secara langsung dari 23 titik pengamatan di seluruh Indonesia. Dan masyarakat bisa menyaksikan lewat live streaming di link gerhana.bkmg.go.id

"Jawa Timur hanya gerhana sebagian, wilayah Tuban dapat dilihat sebagian atau hanya sekitar 60 persen matahari akan tertutup/bisa di sebuah magnitude 0.6," ucapnya. 

Sementara itu, wilayah Bojonegoro sama seperti Tuban atau gerhana dapat terlihat 60 persen matahari akan tertutup. Dimana kontak awal gerhana akan terjadi pada pukul 09.26 WIB atau pada azimut 58,9 derajat dan altitude 54,4 derajat. Puncak gerhana pukul 10.52 WIB, pada azimut 27,4 derajat dan altitude 68,6 derajat. 

"Kontak akhir terjadi pada pukul 12.21 WIB, dengan azimut 326,0 derajat dan altitude 67,6 derajat. Durasi gerhana 2 jam, 52 menit, 19,5 detik dengan magnitudo gerhana 0.638," jelas Zem Irianto. 

Pihaknya juga mengimbau, bahwa peristiwa gerhana matahari hibrid ini menyebabkan matahari akan tertutup sebagian. Sehingga tidak berdampak terhadap pasang surut (pasut) permukaan air laut dan juga cuaca. 

"Karena cahaya matahari bisa merusak kornea mata, jadi jangan melihat gerhana secara langsung. Harus dengan kacamata khusus/kacamata gerhana," imbaunya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : Gerhana, matahari, hibrid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat