17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Persiapan PPDB SMA/SMK, Jatim Tunjukkan Ramah Dengan Siswa ADEM

blokbojonegoro.com | Sunday, 30 April 2023 08:00

Persiapan PPDB SMA/SMK, Jatim Tunjukkan Ramah Dengan Siswa ADEM

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Menjelang persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA maupun SMK negeri yang bakal dibuka pertengahan tahun, Pemerintah Jawa Timur (Jatim) memiliki kebijakan tersendiri bagi siswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM). Hal ini dibuktikan dengan terbukanya Jatim yang ramah dengan siswa ADEM.

Afirmasi Pendidikan Menengah ini merupakan beasiswa yang digagas digagas UP4B bersama Direktorat Pembinaan PKLK Dikmen Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2013.

Beasiswa dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini menyasar anak-anak Papua yang berprestasi, untuk dapat sekolah di Pulau Jawa, yang mana Jatim sebagai jujukan. 

"Karena Papua menganggap Bu Khofifah sebagai ibunya. Karena dalam berbagai kesempatan Bu Gubernur dipanggil Mama Papua, kiranya Gubernur Khofifah ingin membalas kepercayaan itu, beliau mengatakan PPDB saya buka untuk ADEM," ujar Achamd Alfian, UPT TIK Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur saat dijumpai blokBojonegoro.com beberapa waktu lalu.

Alfian menjelaskan, orang Papua yang mau daftar ADEM dipilih oleh Kementerian dan setelahnya berapapun kuota yang dikirim ke Jatim, maka sekolah yang ada di Jatim akan siap.

Tercatat setidaknya 423 SMA Negeri dan 298 SMK Negeri yang ada di Jatim, yang ditotal ada 721 sekolah SMK/SMA Negeri di Jatim. Maka, 1 sekolah sangat bisa memampung 10 anak.

"ADEM Papua, sama ADEM repatriasi untuk anak pekerja migran Indonesia yang disana gak ada sekolahnya. Ini baru di Jawa Timur, provinsi lain belum ada," lengkapnya.

ADEM Repatriasi ini adalah untuk putra-putri Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Sabah Malaysia, lulusan SMP atau yang sederajat diberi kesempatan untuk menempuh pendidikan menengah (SMA dan SMK) di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Banten, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Lampung dan Sulawesi Selatan.

"Program beasiswa ini dapat langsung diakses dan daftar ke kementerian secara online," tukas lelaki yang memegang leading sektor PPDB itu. [feb/mu]

 

Tag : Ppdb, sma, smk, ppdb sma smk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat