22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Persiapan PPDB SMA/SMK, Jatim Tunjukkan Ramah Dengan Siswa ADEM

blokbojonegoro.com | Sunday, 30 April 2023 08:00

Persiapan PPDB SMA/SMK, Jatim Tunjukkan Ramah Dengan Siswa ADEM

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Menjelang persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA maupun SMK negeri yang bakal dibuka pertengahan tahun, Pemerintah Jawa Timur (Jatim) memiliki kebijakan tersendiri bagi siswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM). Hal ini dibuktikan dengan terbukanya Jatim yang ramah dengan siswa ADEM.

Afirmasi Pendidikan Menengah ini merupakan beasiswa yang digagas digagas UP4B bersama Direktorat Pembinaan PKLK Dikmen Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2013.

Beasiswa dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini menyasar anak-anak Papua yang berprestasi, untuk dapat sekolah di Pulau Jawa, yang mana Jatim sebagai jujukan. 

"Karena Papua menganggap Bu Khofifah sebagai ibunya. Karena dalam berbagai kesempatan Bu Gubernur dipanggil Mama Papua, kiranya Gubernur Khofifah ingin membalas kepercayaan itu, beliau mengatakan PPDB saya buka untuk ADEM," ujar Achamd Alfian, UPT TIK Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur saat dijumpai blokBojonegoro.com beberapa waktu lalu.

Alfian menjelaskan, orang Papua yang mau daftar ADEM dipilih oleh Kementerian dan setelahnya berapapun kuota yang dikirim ke Jatim, maka sekolah yang ada di Jatim akan siap.

Tercatat setidaknya 423 SMA Negeri dan 298 SMK Negeri yang ada di Jatim, yang ditotal ada 721 sekolah SMK/SMA Negeri di Jatim. Maka, 1 sekolah sangat bisa memampung 10 anak.

"ADEM Papua, sama ADEM repatriasi untuk anak pekerja migran Indonesia yang disana gak ada sekolahnya. Ini baru di Jawa Timur, provinsi lain belum ada," lengkapnya.

ADEM Repatriasi ini adalah untuk putra-putri Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Sabah Malaysia, lulusan SMP atau yang sederajat diberi kesempatan untuk menempuh pendidikan menengah (SMA dan SMK) di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Banten, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Lampung dan Sulawesi Selatan.

"Program beasiswa ini dapat langsung diakses dan daftar ke kementerian secara online," tukas lelaki yang memegang leading sektor PPDB itu. [feb/mu]

 

Tag : Ppdb, sma, smk, ppdb sma smk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat