15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Buruh Internasional, Pemkab Ajak Pekerja, Pengusaha dan Pemerintah Berdialog

blokbojonegoro.com | Friday, 12 May 2023 15:00

Hari Buruh Internasional, Pemkab Ajak Pekerja, Pengusaha dan Pemerintah Berdialog

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, mengelar sarasehan peringatan Hari Buruh Internasional 2023 yang dihadiri oleh Forkopimda, BP Jamsostek Cabang Bojonegoro, Pengusaha dan Pekerja. Bertempat di Adelia Resto, Jumat (12/05/2023). 

Usai menyerahkan bantuan sosial kepada 10 anak yatim dan santunan kepada 6 ahli waris pekerja dari BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro. 

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan momen May Day di Kabupaten Bojonegoro rupanya sangat kondusif. Perlu diketahui, dibeberapa sektor senantiasa mendukung langkah simbiosis mutualisme antara pekerja dan pengusaha. 

Lanjut Bupati Anna, buruh juga berperan penting terhadap kemajuan bangsa dan mendorong perekonomian Indonesia. Dalam hal ini, Pemkab Bojonegoro turut memberikan ruang kesejahteraan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Jika dulu belum berpihak luas terhadap bantuan kesehatan, pendidikan, hingga ekonomi lain. Bahkan mata pencaharian hanya terpaku dengan gaji dan digunakan di berbagai pos," ungkap Bupati Anna. 

Kini, hampir 99,8 persen warga Bojonegoro telah di cover BPJS kesehatan dan memiliki daya dorong. Sehingga kualitasnya semakin baik, dari sisi kesehatan. 

Sementara itu, di bidang pendidikan. Pemkab Bojonegoro juga telah menyiapkan beasiswa sekolah puluhan miliar. Sehingga para buruh dapat berkarya dan mendorong anak untuk belajar dengan giat. 

"Kebijakan pemerintah pusat tahun 2006 terkait Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBH CHT). Melihat potensi Bojonegoro, terkait tembakau dan rokok. Sejak tahun 2022 pemerintah memberikan aturan DBH CHT, di antaranya memberikan insentif kepada pekerja dan petani tembakau," ulasnya. 

Tahun 2023 sendiri Pemkab Bojonegoro, telah menyediakan sebesar Rp 25 miliar untuk bisa menjangkau sebanyak 12.500 pekerja atau buruh rokok. Termasuk petani tembakau. 

"Segera kita realisasikan, sebab cukai rokok juga masuk cukai andalan di luar cukai lain-lain. Kabupaten Bojonegoro mendapatkan alokasi cukup lumayan," tutur Bupati Anna. 

Selain cukai rokok tembakau, sektor pendidikan dan kesehatan. Pemkab Bojonegoro juga telah menyiapkan fasilitas bagi para pelaku UMKM. Dengan tersedianya kredit ultra mikro di BPR dengan anggunan pinjaman di bawah kredit usaha ringan (KUR). 

"Menjangkau 27.500 nasabah untuk sektor UMKM, ini dilakukan untuk penanggulangan terhadap rentenir yang sangat memberatkan ultra mikro," beber Bupati. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bojonegoro, Welly Fitrama menambahkan bahwa 1 Mei di Indonesia sudah ditetapkan sebagai hari buruh atau May Day. 

Dan mengakui sebagai hari kemenangan kaum buruh, sehingga menjadi momentum kebersamaan antara pekerja dan pemerintah untuk berdialog bersama. 

"Hubungan ini dinamis dan berdampak positif terhadap iklim investasi. Di peringatan hari buruh ini melalui sarasehan. Sekaligus pemberian bansos bagi anak yatim dan pekerja," ulasnya. [liz/lis]

Berikut 6 Penerima Santunan Ahli Waris BPJS KETENAGAKERJAAN

1.Santunan JKM dan JHT

Rp 49.031.255,-

Sumadi Pemdes Kecamatan Kalitidu

2. Santunan JKK, JHT dan beasiswa

Rp 401.892.372,-

 Samian PT Prima Akses Solusi Global

3. Santunan JKK, JHT, JP dan beasiswa

Rp 414.380.877,-

Muhammad Noer Huda

PDAM Kabupaten Bojonegoro

4. Santunan JKM, JHT dan JP

Rp 47.358.230,-

Supriyadi

Perdagangan bidang pengelolaan pasar

5. Santunan JKK, JHT dan Beasiswa

Rp 273.942.805,-

Subakri PT Prima Akses Solusi Global

6. Mat Wadji

Rp 84.000.000,-

Koperasi Karyawan Redriying Bojonegoro

 

Tag : Pemkab, hari buruh, nasional



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat