15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perkuat Manajemen dan Membangun Jejaring, BUMDes Kecamatan Gayam ke Desa Ponggok

blokbojonegoro.com | Saturday, 13 May 2023 20:00

Perkuat Manajemen dan Membangun Jejaring, BUMDes Kecamatan Gayam ke Desa Ponggok

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Sebanyak 12 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro mengikuti lokakarya dan studi banding ke Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu (13/5/2023).

Kegiatan bertajuk "Peningkatan Kapasitas BUMDes Kecamatan Gayam 2023" diinisiasi oleh operator Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

Kegiatan diikuti oleh pengurus 12 BUMDes, 12 Kepala Desa, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Gayam, dan PKK Kecamatan Gayam, didampingi LSM Ademos dan LIMA 2B.

"Saya mengapresiasi EMCL yang menginisiasi kegiatan ini. Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas BUMDes di Kecamatan Gayam," ujar Camat Gayam, Aunur Rofiq.

Melalui lokakarya dan studi banding ini, kaya Camat Gayam, diharapkan bisa meningkatkan kapasitas pengelolaan BUMDes sekaligus memperkuat hubungan yang saling menguntungkan antara pelaku ekonomi di desa. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab BUMDes dalam membantu ekonomi desa.

“Lebih dari itu, BUMDes di Kecamatan Gayam nantinya bisa terus berjejaring dan berkolaborasi dengan BUMDes-BUMDes yang sudah berhasil di luar Gayam,” ungkapnya.

Camat Gayam, menyampaikan terima kasih kepada EMCL dan SKK Migas yang senantiasa mendukung Pemerintah dan masyarakat sekitar. Dia berharap BUMDes di Kecamatan Gayam bisa memanfaatkan semua dukungan dengan maksimal.

"Semoga dukungan-dukungan yang ada dari luar bisa mempercepat pembangunan ekonomi desa-desa Kecamatan Gayam,” ujar Camat.

BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten menjadi perbandingan yang tepat dalam pengelolaan potensi wisata desa. Melalui berbagai usaha yang menyertai wisatanya, BUMDes ini meraih pemasukan hingga Rp14 miliar. Bahkan dari keuntungan tersebut bisa memberi pemasukan untuk desa hingga lebih dari Rp 8 miliar. Keberhasilan BUMDes tersebut dilandasi oleh kegigihan, totalitas, sistem usaha yang baik, dan manajemen yang mumpuni.

“Kita banyak belajar dari sini. Saya harap BUMDes kita bisa menerapkannya dengan inovasi desa masing-masing sesuai potensi yang ada,” pungkas Camat.

Sebelum menuju Desa Ponggok, para peserta mengunjungi Migas Corner di Solo Technopark. Sebuah sarana yang memberikan gambaran tentang bagaimana industri hulu migas bekerja. Perwakilan SKK Migas Jabanusa, Wahyu Dono hadir dan memberi penjelasan kepada para peserta.

“Di Migas Corner peserta bisa melihat minyak mentah seperti apa, sistem kerja, dan perangkat yang digunakan di lapangan migas,” ujar Wahyu.

Pengetahuan tentang industri migas, kata Wahyu, perlu dimiliki oleh masyarakat sekitar Lapangan Banyu Urip. Sehingga mereka bisa menangkap peluang ekonomi dan bisa menjalin komunikasi dua arah.

“Termasuk kegiatan studi banding BUMDes ini harus mampu meningkatkan ekonomi masyarakat desa sekitar,” tandasnya. [feb/ito].

 

Tag : Emcl, SKK-Migas, bumdes, gayam, ponggok



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat