Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

2 Tahun 427,46 Kilometer Jalan Desa Dibangun

blokbojonegoro.com | Friday, 26 May 2023 10:00

2 Tahun 427,46 Kilometer Jalan Desa Dibangun

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah melaksanakan pembangunan jalan desa melalui mekanisme Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada desa sepanjang 427,46 kilometer. Capaian ini merupakan rekapitulasi selama 2 tahun, sejak tahun 2021 hingga 2022.
 
Sesuai data di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang (PUBMPR), pada tahun 2021 Pemkab telah membangun sepanjang 309,88 kilometer dengan jumlah penerima 241 desa. Sementara di tahun 2022 telah membangun sepanjang 117,58 kilometer dengan jumlah penerima BKK desa sebanyak 135 desa.
 
Sekretaris Dinas PUBMPR, Chusaifi Ivan menjelaskan, BKK desa ini bersifat khusus kepada desa. Secara konstruksi pembangunan ada dua tipe jalan, yaitu aspal dan cor beton.
 
Dalam pelaksanaan dan pengadaan BKK desa ini, pada prinsipnya yaitu swakelola dengan mengutamakan peran serta masyarakat. Termasuk melalui swakelola secara gotong-royong dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

"Jika dalam hal pengadaan tidak dapat dilakukan melalui swakelola. Maka pengadaan dapat dilakukan melalui penyedia, baik sebagian maupun secara keseluruhan," jelasnya.

Desa sebagai penerima manfaat yang melakukan sendiri prosesnya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan. Sehingga efek positifnya berupa pemberdayaan masyarakat lokal.
 
Dinas PUBMPR melakukan bantuan konsultasi secara teknis melalui verifikasi perencanaan, dan melakukan monitoring kepada setiap pemohon dari tim pelaksana desa terhadap pelaksanaan BKK desa tersebut.

"Sementara pada tahun 2023 yang saat ini sudah mulai dilaksanakan. Telah direncanakan pembangunan sepanjang 170 kilometer jalan desa dengan penerima BKK desa sebanyak 131 desa," ulasnya. [liz/mu]

 

Tag : jalan, pembangunan jalan bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini