13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BRI Fellowship Journalism 2023

Mitra UMi BRI di Kalitidu Bantu Selamatkan Pelaku Usaha Lepas dari Jerat Rentenir

blokbojonegoro.com | Friday, 09 June 2023 08:00

Mitra UMi BRI di Kalitidu Bantu Selamatkan Pelaku Usaha Lepas dari Jerat Rentenir

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Program Mitra Ultra Mikro (UMi) merupakan bagian dari sinergi holding ultra mikro antara BRI, Pegadaian dan PNM. Terbukti memberikan manfaat bagi pelaku usaha ultra mikro, terutama untuk meningkatkan usaha melalui akses pembiayaan secara formal. 

Pria yang sehari-hari berjualan di warung kopi dan membuka usaha toko rancang menuturkan, sebelum bergabung dengan mitra UMi. Rupanya ia lebih dulu bergabung dengan agen BRILink di tahun 2016, lalu bergabung dengan mitra UMi di tahun 2021.

Menurutnya, alasan bergabung dengan mitra UMi selain menambah fee. Juga membantu masyarakat yang sedang membutuhkan modal usaha, hingga membantu mereka yang terjerat dari hutang rentenir.

"Yang jelas bisa membantu mereka yang membutuhkan, karena prosesnya sangat mudah dan cepat. Juga bisa meningkatkan kapasitas usaha bagi pelaku usaha kecil," ungkap Dirman, warga asal Desa Ringinrejo, Kalitidu, Bojonegoro. 

Melalui Mitra UMi, masyarakat dapat mengajukan fasilitas kredit untuk permodalan usaha berskala ultra mikro. Begitu pula dengan Diman, ia menggaet nasabah yang merupakan pelanggan warungnya, teman terdekat, tetangga bahkan mensosialisasikan program Agen UMi lewat pasang status di aplikasi WhatsApp.

"Dari situlah banyak yang kepo, tanya apa sih mitra UMi. Kalau mereka tertarik dan butuh pasti akan datang sendiri," ucapnya.

Sebelum menjadi Mitra UMi, jika ada pelanggannya yang ingin mengajukan kredit ke BRI, ia hanya berperan merujuk saja. Nantinya calon nasabah yang merupakan pelanggan agen BRILink di kios miliknya akan dipertemukan langsung dengan Mantri BRI.

"Pencairan tetap di kantor BRI terdekat, proses pendaftaran dan pengajuan cukup di rumah melalui BRILink mobile. Apabila disetujui dan acc, maka nasabah akan dipanggil ke kantor untuk pencairan,"imbuhnya.

Terkait peminjaman, nasabah tinggal pilih bulanan atau musiman. Dan yang terpenting kooperatif terhadap aturan yang berlaku, contoh waktunya jatuh tempo membayar angsuran juga harus dibayarkan. 

"Untuk pinjaman berkisar mulai dari Rp 1.000.000 - Rp 5.000.000. Syaratnya cukup mudah, fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK), surat nikah bagi yang sudah menikah, pas foto dan surat usaha dari Desa/Kelurahan," tambah Dirman. 

Terkait kendala, ia awalnya ragu jika suatu ketika terjadi kredit macet di tengah perjalan usaha sebagai mitra UMi. Bahkan kendala yang paling sering terjadi ada pada nasabah, terkait jatuh tempo pembayaran hingga susahnya melakukan tagihan di rumah nasabah. 

"Waktu pandemi ada kebijakan dari kantor BRI, untuk tidak mengangsur dan hanya dikenakan biaya sedikit. Dalam artian bunganya saja, tentu ada pengurangan fee untuk mitra,"ulas pria asal Ringginrejo.

Seiring berjalannya waktu, ketika melihat nasabahnya mencapai puluhan. Perasaan ragu dan khawatir pun sirna, lewat mitra UMi tersebut ia berharap nantinya bisa membantu serta mempermudah pelayan kredit disekitarnya.

"Tanpa harus ke kantor bank BRI, bahkan tidak ada anggunan. Dan prosesnya mudah serta cepat," bebernya. 

Terpisah, Kepala Unit BRI Kalitidu, Nurhadi Wibowo menambahkan  melalui mitra UMi binaan BRI Unit Kalitidu, masyarakat dapat mengajukan fasilitas kredit untuk permodalan usaha berskala ultra mikro.

Sebab kehadiran mitra UMi (Mitra Ultra Mikro) mampu memberdayakan pelaku usaha ultra mikro. Sehingga dapat meningkatkan kapasitas usaha, juga bermanfaat bagi agen mitra UMi untuk memperlancar dan mempermudah pelayanan tanpa harus ke kantor BRI Unit Kalitidu. 

"Mitra UMi aktif dan produktif ada 11, diharapkan setiap mantri atau tenaga pemasar mikro. Wajib mempunyai minimal 3 agen mitra UMi sebagai partner, dalam mempermudah atau mempercepat pelayanan terhadap masyarakat sekitar," harapnya. [liz/mu]

Tag : Bri, umi bri, umkm, usaha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat