17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul5   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

MI Islamiyah Kepoh Gelar Munaqosah Tahfidz Juz 30 dan 100 Hadits Metode Yahqi

blokbojonegoro.com | Friday, 17 May 2024 07:00

MI Islamiyah Kepoh Gelar Munaqosah Tahfidz Juz 30 dan 100 Hadits Metode Yahqi

Oleh: Lailatul Nurul Hidayah

blokBojonegoro.com - Sebanyak 36 siswa kelas V MI Islamiyah Kepoh, Kepohbaru mengikuti munaqosah tahfidz juz 30 dan 100 hadits dengan metode Yahqi. Kegiatan yang menjadi program akhir tahun ini dilaksanakan di masjid besar Baitur Rahim desa Kepoh, Kecamatan Kepohbaru. 

Beradasarkan jadwal yang dirilis lembaga, kegiatan munaqosah tahfiz juz 30 tersebut berlangsung selama dua hari. Dimulai pada Rabu (15/5/2024) dan berakhir pada Kamis (16/5/2024). Sementara itu, munaqosah tahfiz 100 hadits beserta arti dan rawinya akan dilaksanakan pada Senin (20/5/20224) mendatang.

Kagiatan yang dibuka langsung oleh Kepala MII Kepoh ini dihadiri seluruh dewan guru, trainer metode Yahqi dan orang tua/wali. 

Pak Sumardi, Kepala MII Kepoh saat ditemui di kantornya mengatakan, tujuan diadakan munaqosah ini adalah untuk mengukur perolehan siswa dalam menghafal Al-Qur’an.

“Sejauh mana siswa dapat menghafal al-Qur’an juz 30, dan melafalkannya secara tartil dengan metode Yahqi,” tuturnya.

Selian itu, lanjut pria asal desa Jegreg, Modo, Lamongan ini, tahfidz merupakan salah satu program unggulan di madrasah yang ia pimpin.

“Juga untuk mengukur capaian anak sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh madrasah,” jelasnya.

Pada saat sambutan upacara pembukaan, Pak Mardi menjelaskan bahwa hafalan al-Qur’an merupakan anugerah dari Allah Swt. yang dititipkan di hati orang-orang pilihan.

“Karena itu, kita sebagai muslim-muslimah patut bersyukur atas titipan itu. Dan kita sebagai orang tua atau guru juga harus selalu men-support dan memberikan kesempatan anak-anak untuk selalu muroja’ah di rumah,” pesannya.

Sementara itu, Ustazah Nurul Fitria Zuliana, triner metode Yahqi kabupaten Bojonegoro, pembimbing siswa tahfidz ini berharap agar seluruh peserta bisa memperoleh hafalan sesuai target yang telah ditetapkan.

“Semoga semua peserta dapat mencapai tujuan munaqosah tersebut dengan baik,” tutur Ustazah Lina. 

Munaqosah dimulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 11 siang. Sebanyak 36 peserta dibagi menjadi 6 kelompok dengan rincian 3 kelompok putra dan 3 kelompok putri. Masing-masing kelompok beranggotakan 6 anak. Mereka mengikuti munaqosah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan selama dua hari.

Peserta munaqosah diuji langsung oleh Ustazah Lina, Orang tua/wali dan dewan guru. 

Usai mengikuti munaqosah, sebagai bentuk takzim dan ungkapan terima kasih anak-anak diberi kesempatan sungkem kepada orang tua/wali. Tak pelak, tangis haru pun pecah. [mu]

 

Tag : Tahfidz, siswa madrasah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat