18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bapaslon Nurul-Nafik Resmi Layangkan Gugatan ke Bawaslu Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Tuesday, 21 May 2024 13:00

Bapaslon Nurul-Nafik Resmi Layangkan Gugatan ke Bawaslu Bojonegoro

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro jalur independen, Nurul Azizah dan Nafik Sahal mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Pilkada 2024 ke Bawaslu setempat, Senin (20/5/2024) petang.

Kedatangan mereka untuk menyampaikan permohonan penyelesaian sengketa pemilihan pilkada 2024 atas dikembalikannya berkas dukungan KPU Bojonegoro akibat belum terinput dalam sistem informasi pencalonan (Silon) KPU.

Nurul Azizah dan Nafik Sahal, melalui Kuasa hukumnya, Sunaryo Abuma’in mengungkapkan, kedatangannya bersama tim untuk meminta keadilan kepada Bawaslu sebagai lembaga yang berwenang atas semua persoalan dalam Pemilu.

"Dengan dikembalikannya berkas oleh KPU yang dianggap ada kekurangan dalam batas minimal sehingga kami merasa keberatan dan dirugikan. Oleh sebab itu kami mencari keadilan ke Bawaslu," ujar Mbah Naryo sapaan akrabnya.

Adapun hal yang menjadi latar belakang dalam perkara ini, lanjut Ketua DPD PPP Bojonegoro itu, lantaran waktu proses input data pada sistem informasi pencalonan (Silon) KPU relatif singkat. Kemudian aplikasi tersebut juga sering mengalami error sehingga mengakibatkan data tidak terinput sepenuhnya.

Padahal, menurutnya berkas fisik syarat minimal pencalonan Nurul Azizah dan Nafik Sahal sebanyak 75.777 tersebar di 28 kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro melebihi batas minimal yang ditetapkan KPU yakni sebanyak 67.200.

"Berkas dukungan fisik sudah diserahkan dan sudah memenuhi persyaratan sesuai dalam aturan. Karena waktu yang singkat sehingga tidak terinput semuanya. Ditambah aplikasi Silon yang sering error, kalau pun lancar tidak ada masalah. Karena sering error, lemot (di Silon) inilah yang membuat kami tidak bisa memenuhi untuk menginput data seluruhnya," bebernya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Bawaslu untuk membatalkan berita acara pengembalian berkas dukungan yang dikeluarkan oleh KPU dan meminta kepada KPU untuk membuka kembali Silon.

"Dalam tuntutan atau petitum kami meminta kepada Bawaslu untuk membatalkan berita acara pengembalian berkas yang dikeluarkan KPU yang kedua memerintahkan kepada KPU untuk segera membuka sistem informasi pencalonan (Silon) yang ketiga meminta Bawaslu agar memerintahkan kepada KPU untuk segera melaksanakan hal tersebut," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Handoko Sosro Hadiwijoyo mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima permohonan penyelesaian sengketa yang diajukan oleh Bapaslon berikut dengan barang bukti lainnya.

“Proses selanjutnya kita akan sidangkan, hasilnya menunggu semua proses selesai," pungkasnya. [riz/lis]

 

Tag : politik, pemilu, pasangan, independen



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat