18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul5   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pj Ketua PKK Bojonegoro dan Kader PKK Latihan Olahan Pangan Alternatif

blokbojonegoro.com | Thursday, 20 June 2024 17:00

Pj Ketua PKK Bojonegoro dan Kader PKK Latihan Olahan Pangan Alternatif

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com – Para kader penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bojonegoro mendapat pelatihan pengolahan pangan alternatif berbahan dasar tepung mocaf atau tepung dari singkong. Pelatihan yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ini dilaksanakan di gedung PKK Pemkab Bojonegoro.

Pj Ketua PKK Bojonegoro, Dian Adiyanti Adriyanto menyampaikan, kegiatan ini sesuai program pemerintah pusat dan mengajak para peserta PKK untuk mengurangi mengonsumsi beras dan tepung terigu. Cara memulainya dengan membiasakan diri mengonsumsi bahan pangan alternatif lokal seperti tepung mocaf atau tepung dari singkong maupun dari ubi jalar lain.

"Dengan pelatihan ini diharapkan ibu PKK semakin menambah wawasan dalam menciptakan olahan pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman di dalam menu harian keluarga," ungkap Dian Adiyanti.

Dian Adiyanti juga menuturkan, pelatihan tidak hanya sampai pada tahap kemampuan olah pangan. "Namun bisa dijadikan sebagai usaha, sehingga menjadi penghasilan tambahan bagi keluarga," ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro, Helmy Elizabeth menambahkan bahwa salah satu target dalam rencana strategis dinasnya adalah skor PPH (Pola Pangan Harapan) konsumsi. Yakni gambaran keanekaragaman pangan yang dikonsumsi di suatu wilayah.

Tahun 2023 lalu, pencapaian skor PPH konsumsi Bojonegoro di angka 85,9. Dari skor PPH tersebut sebagian besar masih didominasi oleh beras sebagai sumber karbohidrat. "Sedangkan yang perlu ditingkatkan adalah konsumsi sayur, buah dan pangan hewani," sambungnya.

Skor PPH konsumsi selain melihat keragaman pangan yang dikonsumsi juga melihat ketersediaan komoditas pertanian yang diproduksi. Kabupaten Bojonegoro termasuk penghasil padi terbesar nomor tiga se-Jawa Timur dan menjadi penyangga lumbung pangan nasional di tahun 2023. Bojonegoro tercatat produksi kedelai nomor satu se-Jawa Timur. Angka ini sesuai data BPS dan Bank Indonesia pada saat kegiatan kunjungan Kementerian Keuangan di Bojonegoro.

"Ini menunjukkan Kabupaten Bojonegoro menjadi barometer di sektor pertanian. Sebagai upaya mendukung program pemerintah pusat untuk mengurangi beras dan terigu 1,5% setiap tahun, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro menyelenggarakan pelatihan olahan pangan dengan bahan baku non beras. Salah satunya dari tepung singkong," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : Pkk, Bojonegoro, Pj Bupati Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat