18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dinkes Bojonegoro Edukasi Ajak Warga Cerdas Menggunakan Obat Lewat Gema Cermat

blokbojonegoro.com | Monday, 08 July 2024 18:00

Dinkes Bojonegoro Edukasi Ajak Warga Cerdas Menggunakan Obat Lewat Gema Cermat Ilustrasi: .net

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, melakukan edukasi masyarakat pada program Gema Cermat atau Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro Imam Wahyudi, menjelaskan bahwa gerakan ini merupakan bentuk dari upaya pemerintah dan masyarakat dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.

Penggunaan obat dapat disebut rasional apabila pasien menerima obat yang sesuai dengan kebutuhan klinisnya dan dalam dosis yang sesuai dengan kebutuhan. Kurangnya informasi, dapat memicu penggunaan obat secara tidak tepat oleh masyarakat. 

"Tidak sedikit juga masyarakat yang menggunakan obat tanpa resep untuk pengobatan sendiri yang dilakukan oleh masyarakat sebelum mendatangi fasilitas kesehatan," ungkapnya.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan bahwa 35,2% rumah tangga menyimpan obat untuk swamedikasi. Diantaranya terdapat obat keras, antibiotika, obat tradisional dan obat-obat yang tidak teridentifikasi. Secara nasional, proporsi rumah tangga yang menyimpan obat keras 35,7%, obat bebas 82,0%, antibiotika 27,8%, obat tradisional 15,7%, dan obat tidak teridentifikasi 6,4%.

Gema Cermat sendiri merupakan upaya bersama pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat menggunakan obat secara tepat dan benar. Dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang penggunaan obat secara benar.

"Kemudian meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar. Serta meningkatkan penggunaan obat secara rasional," tambah Imam.

Selain itu, lanjut dia, pembekalan kepada apoteker dan kader kesehatan merupakan langkah awal pelaksanaan kegiatan Gema Cermat. Pembekalan perlu dilakukan untuk dapat memahami tentang program Gema Cermat. Dengan harapan dapat melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Gema Cermat.

"Terutama sosialisasi dan bekal informasi serta ilmu tentang obat kepada masyarakat yang diharapkan akan menyebar secara luas. Tanyalah kepada petugas yang lebih berkompeten daripada hanya search di Google karena jargon kami Tanya Obat Tanya Apoteker," bebernya. [liz/red]

 

Tag : Dinkes, Cermat, obat, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat