18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perdalam KeiIlmuan Jurnalistik, UKM LPM Spektrum UNUGIRI Selenggarakan PJTL

blokbojonegoro.com | Tuesday, 09 July 2024 15:00

Perdalam KeiIlmuan Jurnalistik, UKM LPM Spektrum UNUGIRI Selenggarakan PJTL

Pengirim: M. Ainun Najib*

blokBojonegoro.com - Guna memperdalam ilmu Jurnalistik para anggota. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Spektrum UNIGIRI, selenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL), Pada Minggu, (7/7/24) di gedung Fakultas Tarbiyah UNUGIRI.

Kegiatan PJTL ini merupakan bentuk follow up dari kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang sudah pernah ikuti oleh para anggota sebelumnya.

M. Nur Khozin selaku ketua UKM LPM Spektrum mengatakan bahwa, kegiatan PJTL ini menjadi salah satu syarat yang harus di ikuti anggota guna meningkatkan skill kepenulisan karya jurnalistik secara umum.

“Ini merupakan syarat wajib anggota untuk upgrade skill jenis-jenis karya jurnalistik,” ujar Khozin.

Pada PJTL LPM Spektrum tahun 2024 ini, ada tiga materi yang di berikan dan LPM Spektrum mengundang para pemateri yang sudah berpengalaman dan kompeten dalam bidangnya.

Materi PJTL pertama “Menulis Indept News dan Investigasi” yang di bawakan oleh Parto Sasmito, selaku Pemimpin Redaksi media blokBojonegoro.com. Pada materi ini, disampaikan tentang apa saja yang menjadi dasar dan juga teknik indept news dan investigasi, serta bagaimana seorang jurnalis bisa mendapatkan informasi, kemudian mengolah serta membuat laporan dari hasil investigasi.

Materi kedua “Menulis Feature” yang di bawakan oleh Nanang Fahrudin, selaku founder media gangkecil. Pada materi ini disampaikan apa saja struktur dan elemen penting dalam menulis feature yang menarik, seperti penggunaan sudut pandang yang unik, pemilihan kata yang tepat, serta teknik pengembangan cerita yang mendalam.

Dan materi ketiga “Menulis Opini” yang di bawakan oleh Usman Roin, selaku pembina UKM LPM Spektrum dan kontributor media edukasia.id. Pada materi ini disampaikan pemahaman tentang struktur, karakter, gaya bahasa dan teknik menulis opini yang efektif, mulai dari merumuskan argumen yang kuat hingga menyampaikan pendapat dengan jelas.

Berjalannya kegiatan PJTL ini di mulai pada pukul 08.00-16.00 WIB, yang di awali dengan pembukaan, penyampaian materi, dilanjutkan dengan penugasan praktik menulis dan di akhiri dengan bedah karya seluruh peserta.

Nurul Hidayah selaku ketua pelaksana mengucapkan terima kasih kepada pengurus dan seluruh peserta yang sudah hadir dalam mensukseskan kegiatan.

“Terima kasih kepada teman-teman pengurus LPM Spektrum yang telah membantu mensukseskan acara ini, dan tak lupa saya ucapkan terima kasih juga kepada seluruh anggota telah meluangkan waktunya untuk hadir pada agenda PJTL LPM Spektrum ini.

Hida, panggilan akrab ketua pelaksana tersebut berharap, apa yang telah di pelajari pada PJTL ini dapat lebih memperdalam ilmu kejurnalistikan para anggota dan bermanfaat serta mampu mempraktikkan dalam setiap kepenulisan berita.

“Semoga materi yang kalian pelajari pada PJTL ini bisa memperdalam ilmu jurnalistik kalian dan mampu kalian aplikasikan pada setiap menulis berita,” harapnya.

 *Penulis adalah Pengurus LPM Spektrum Unugiri

 

 

 

Tag : LPM Spektrum, Unugiri, Bojonegoro, jurnalistik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat