Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gempa 3,3 M Guncang Bojonegoro, BPBD: Terasa di 3 Kecamatan

blokbojonegoro.com | Monday, 07 October 2024 12:00

Gempa 3,3 M Guncang Bojonegoro, BPBD: Terasa di 3 Kecamatan

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Guncangan berkekuatan 3.3 magnitudo ini terjadi di barat laut Bojonegoro, dengan kedalaman 12 kilometer yang terjadi sekitar pukul 11.42 WIB, Senin (7/10/2024).

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Bojonegoro, Laela Noer Aeny mengungkapkan, sampai saat ini belum ada laporan dari warga, akibat dampak gempa yang dirasakan di 3 kecamatan tersebut.

“Belum ada laporan. Terasa di 3 kecamatan, Malo, Kalitidu, dan Trucuk,” ungkap Aeny.

Namun begitu, mantan Camat Kepohbaru ini mengimbau kepada warga, jika terdapat rumah atau bangunan yang mengalami kerusakan atau retak-retak, bisa langsung melapor ke BPBD Bojonegoro.

Sementara itu, berdasarkan rilis BMKG, gempa yang terjadi di wilayah Bojonegoro dan Tuban berkekuatan rendah, namun dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif. Dan dari hasil monitoring BMKG dimungkinkan tidak akan terjadi gempa susulan.

BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Selain itu, BMKG juga berpesan agar warga memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. [riz/lis]

Tag : gempa, bumi, pegunungan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini