20:00 . Atasi Krisis Air Bersih di Bojonegoro, Cabup Setyo Wahono Siapkan Kartu Air   |   19:00 . Warga Bojonegoro Hasilkan Puluhan Juta Rupiah dengan Ternak Kambing Perah   |   18:00 . Pertamina EP Sukowati Field Zona 11 Regional Indonesia Timur Berinovasi Ciptakan Mesin Penyiang Rumput   |   16:00 . Gegara Korsleting Listrik, Rumah Warga Bojonegoro Ludes Terbakar   |   15:00 . Polisi Ringkus Puluhan Pasangan Bukan Suami Istri di Penginapan Bojonegoro   |   12:00 . Ombudsman RI Sebut Pelayanan Publik Pemkab Bojonegoro Masih Dibawah Standar   |   22:00 . Setyo Wahono Siapkan Langkah Strategis Atasi Kelangkaan Pupuk di Bojonegoro   |   17:00 . Dugaan Oknum Blokir Tanpa Persetujuan, BRI Bojonegoro Selesaikan Masalah di Agen BRILink   |   15:00 . Atasi Puso Berulang, Pertamina EP Sukowati Field Implementasikan Program SRI   |   13:00 . Bojonegoro Targetkan Jadi Role Model Keluarga Samawa   |   21:00 . Program Siswa Top Setyo Wahono-Nurul Azizah Bisa Kurangi Beban Pengeluaran Wali Murid   |   20:00 . Relawan WanNur Berikan Bantuan Sembako kepada Korban Bencana Puting Beliung di Mojodelik   |   18:00 . Musim Hujan di Bojonegoro Diprediksi Tiba Awal November, Puncaknya Januari-Februari   |   16:00 . Upaya Penuhi Standar WHO dan Kemenkes, Cabup Setyo Wahono Gagas Pembangunan Rumah Sakit Tipe A di Bojonegoro   |   15:00 . Operasi Zebra Dimulai di Bojonegoro, Berlangsung Selama Dua Pekan   |  
Fri, 18 October 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pilkada Bojonegoro 2024

Setyo Wahono Siapkan Langkah Strategis Atasi Kelangkaan Pupuk di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 16 October 2024 22:00

Setyo Wahono Siapkan Langkah Strategis Atasi Kelangkaan Pupuk di Bojonegoro

Reporter: Rizki Nur Diansyah 

blokBojonegoro.com - Paslon bupati dan wakil bupati nomor 02, Setyo Wahono-Nurul Azizah telah menyiapkan kebijakan strategis dan program unggulan untuk mengatasi persoalan kelangkaan pupuk subsidi, lantaran petani Bojonegoro sering kesulitan mendapat pupuk subsidi akibat pembatasan kuota oleh pemerintah pusat. 

Cabup Setyo Wahono menegaskan pentingnya ketersediaan pupuk untuk mendukung produktivitas pertanian. Menurutnya, ketersediaan pupuk sangat diharapkan para petani.

“Alhamdulillah dengan adanya pelatihan ini sangat bisa membantu para petani hutan, yang selama ini memang tidak mendapat jatah pupuk subsidi," ungkapnya saat menghadiri pelatihan pembuatan pupuk organik oleh Kelompok Tunggak Tani “Tumbuh Gerak Tani” di Dusun Sekidang, Desa Soko, Kecamatan Temayang, Rabu (16/10/2024).

Cabup asli Bojonegoro dari Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, ini berencana melakukan langkah-langkah strategis untuk mengtasi kelangkaan pupuk subsidi. Di antaranya menjalin kerja sama dengan distributor pupuk dan pemerintah pusat untuk memastikan distribusinya lancar. Pihaknya juga akan membantu untuk pengadaan pupuk subsidi bagi petani hutan jika diberi amanah memimpin Bojonegoro lima tahun mendatang.

“Kami lagi berusaha untuk menaikkan kuota pupuk subsidi di Bojonegoro yang selama ini hanya 70 persen ketersediaannya,” ujar Wahono. 

Cabup yang mengusung tagline “Asli Luwih Apik” ini juga mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya petani untuk bersinergi dalam menciptakan solusi yang berkelanjutan bagi sektor pertanian. Kata Wahono, pupuk organik juga bisa menjadi alternatif menghadapi persoalan pupuk. 

“Jadi, pelatihan pupuk organik ini mempermudah bagi petani hutan untuk mendapatkan pupuk secara mandiri kedepannya,” ucap Wahono.

Adik Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, ini juga telah menyiapkan program Kartu Petani Maju Baru bagi petani Bojonegoro. Petani pemegang kartu ini akan mendapat banyak manfaat yakni bantuan pupuk dan bibit gratis yang akan disesuaikan dendan karakteristik wilayah atau ahan pertanian, bantuan permodalan untuk usaha tani, edukasi pertanian melalui layanan konsultasi kalender musim baik mengenai suhu atau cuaca, bencana, manajemen air, dan lain-lain.

Kemudian, petani juga akan memperoleh pemberdayaan pertanian berkelanjutan, yang tahan bencana dan responsive terhadap perubahan iklim, layanan informasi harga komoditas pertanian, jaringan pasar, dan lainnya, layanan untuk penambahan nilai produk pertanian melalui pengembangan produk kemasan produk pertanian (Besar, sayuran, dan lain-lain), layanan asuransi pertanian berupa pemberian ganti rugi akibat gagal panen.

"Kami juga akan menjamin ketersediaan pupuk untuk petani melalui skema pendirian koperasi yang berkolaborasi dengan BUMDes untuk mempertahankan stabilitas harga," tegas Wahono.

Anak mantan Kepala Desa Dolokgede, ini juga akan membangun hilirisasi hasil pertanian dan infrastruktur pertanian. Seperti memperbanyak pembangunan embung atau waduk, dan jaringan irigasi pertanian untuk wilayah-wilayah yang jauh dari sungai Bengawan Solo. Sehingga petani bisa melakukan tanam padi dua sampai tiga kali.

Dengan komitmen tersebut, Setyo Wahono berharap dapat membawa perubahan positif bagi pertanian di Bojonegoro. Yakni, meningkatkan kesejahteraan petani, serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. 

“Karena petani hutan itu di Bojonegoro jumlahnya hampir 30 hingga 40 persen,” pungkas pria kelahiran desa Dolokgede itu. [riz/red]

Tag : Pilkada, Bojonegoro, Setyo Wahono, Nurul Azizah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat