18:00 . IAI Sunan Giri Kukuhkan 277 Wisudawan dengan Dua Sesi   |   17:30 . Mengapa Vaksinasi Covid 19 Diperlukan ?   |   17:00 . LDII Ingin Bersinergi Majukan Bojonegoro   |   16:30 . Tetap Patuh Prokes, PW Fatayat NU Jatim Visitasi ASIFA PC Fatayat Bojonegoro   |   16:00 . Pasca Viral, Sehari Soto Seribuan Laku Hingga Ratusan Porsi   |   15:00 . Selamat PWI Jatim Luluskan 17 Wartawan Berkompeten   |   14:00 . Antusias, 52 Grup Bersaing Jadi Pemenang   |   13:00 . Bojonegoro Green Taman Kota Indah dan Cantik   |   12:00 . Berkelok-kelok Jalan Mulus Pelosok Desa   |   11:00 . Satgas Covid-19 Ingatkan Pengalaman Libur Panjang untuk Dijadikan Pelajaran   |   10:30 . Presiden BEM Unirow Ajak Masyarakat Jangan Sepelekan Covid-19   |   10:00 . Kesembuhan Pasien Covid-19 Nasional Terus Meningkat Menjadi 437.456 Orang   |   09:00 . Apa Saja Kandungan Vaksin?   |   08:00 . Ilatifa Fahira Putri, Merintis Usaha Saat Sibuk Skripsi.   |   07:00 . Agar Anak Tetap Aktif, Ini Deretan Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Rumah   |  
Sat, 28 November 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 09 June 2017 09:00

MTs dan MA Diprioritaskan Akreditasi Ikut Gelombang Pertama

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Sebagai upaya untuk memperbaiki tata kelola guna peningkatan Kapasitas proses pembelajaran terhadap siswa, puluhan Madrasah pada bulan Juni tahun 2017, akan melaksanakan akreditasi.

Total ada 98 madrasah yang mengikuti akreditasi mulai tingkat Ibtidaiyah hingga Aliyah. Namun untuk jadwal akreditasi tersebut sesuai dengan agenda yang dicanangkan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) atau Badan Akreditasi Provinsi (BAP). dipastikan pada tahun ini penilaian akreditasi terhadap Madrasah dipastikan berbeda dengan tahun lalu.

Kasi Pelaksana Pendidikan Madrasah Urusan Kelembagaan Kemenag Bojonegoro, Erma Ferdiana mengungkapkan, madrasah yang mengikuti akredtasi pada tahun ini akan terbagi menjadi dua gelombang, dan diprioritaskan pada gelombang pertama akan menyasar madrasah tingkat MTs dan MA.

"Sedangkan, Untuk MI akan ikut gelombang ke dua," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Setiap Madrasah yang akan mengikuti akreditasi harus memenuhi 8 standart yang telah ditentukan di antaranya harus memenuhi standart isi, standart kelulusan, standart pendidik dan kependidikan, standart pengelolaan, standart sarana dan prasarana, standart pembinaan, dan standart penilaian. Akreditasi gelombang pertama dimulai tanggal 5 Juni hingga 22 Juni mendatang.

"Dalam pelaksanaan akreditasi yang paling besar, penilaian biasanya terdapat pada standar sarana dan prasarana, meskipun ketujuh standar lainnya juga menentukan," tambah Erma.

Untuk mematangkan akreditasi tersebut, sebelumnya pihak Kemenag dan madrasah juga melakukan pembinaaan terhadap madrasah yang akan mengikuti akreditasi. Seperti halnya melakukan simulasi penilaian sebelum aksesor provinsi datang ke madrasah.

Perlu diketauhui bahwa pada tahun 2015 seluruh madrasah Bojonegoro sudah melakukan akreditasi melalui Direktur Jendral  Pendididkan Islam mendapatkan kreteria penilaian B (Baik). adapun madrasah yang akan mengikuti akreditasi tahun 2017 ini, tingkat MI sebanyak 55 lembaga, sedangkan tIngkat MTs sebanyak 18 dan tingkat MA 25 Madrasah.  [saf/ito]

Tag : akreditasi,madrasah, kemenag


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat