12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PMII Sunan Giri Kenalkan Budaya Literasi pada Camaba

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 August 2017 14:00

PMII Sunan Giri Kenalkan Budaya Literasi pada Camaba

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Menjelang kampus aktif dalam proses belajar mengajar, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sunan Giri Bojonegoro, melalui ketiga Rayonya, yaitu Rayon Raden Paku, Rayon Syari'an dan Rayon Adab, mengenalkan budaya literasi kepada Calon Mahasiswa Baru (CAMABA), Minggu (20/8/2017).
 
Kegiatan yang berlangsung di Tribun Alun-alun Bojonegoro tersebut, dimulai sekitar pukul 09.00 Wib sampai pukul 11.30 WIB dengan diikuti sekitar 28 peserta. Dalam kegitan itu, Camaba dikenalkan bagaiman konsep literasi yang bagus, dari membaca buku, berdiskusi, menulisnya dan bagaimana cara mengekspose ke khalayak (media).
 
Sekretaris Rayon Raden Paku sebelumnya, Diki Alamsyah, menjelaskan, membudayakan literasi sejak dini menjadi hal yang sangat penting, apalagi di kalangan Mahasiswa yang mana akan menjadi agent of change dan agent of social control di tengah masyarakat nantinya.
 
"Kita jadi mahasiswa jangan hanya mencari status saja, namun, juga harus bisa membawa perubahan di tengah-tengah masyarakat, dan berproseslah dengan sungguh-sungguh, karena prosesmu akan menentukan nasibmu dimasa depan," lanjut mahasiswa asal Kecamatan Temayang ini.
 
Di sisi lain, Ketua Rayon Raden Paku, Rian Adi Kurniawan, menambahkan, literasi adalah sebuah bekal yang paling penting di kalangan mahasiswa, apalagi untuk pengembangan keintelektualan serta bagaimana menerapkan literasi tersebut di tengah masyarakat. Sehingga, tidak lagi menciptakan buku-buku baru yang berdebu, lantaran hanya dibaca saja tanpa ada tindak lanjut.
 
"Kita sebagai mahasiswa jangan sekali-kali menyia-nyiakan proses kita sebagai mahasiswa, karena tidak sembarang orang bisa menempuh bangku kuliah, sehingga maksimalkanlah prosesmu mulai dari sekarang," tutur mahasiswa Prodi PGMI tersebut.
 
Rian juga menjelaskan, jangan sampai salah memilih sebuah Organisasi Intra mapun Ekstra Kampus, sehingga organisasi tersebutlah kedepanya yang akan mendidik serta mencetak perilaku dan pemikiran setiap individu ke depanya. Pasalnya, organisasi  kampus adalah suatu tempat untuk merubah karakter dari siswa menjadi mahasiswa.
 
"Kita bukan siswa lagi, kita adalah mahasiswa, yang harus siap merubah serta mengawal masyarakat-masyarakat kecil, yang saat ini sangat membutuhkan peran Mahasiswa," pungkas aktivis PMII tersebut. [din/lis]

Tag : PMiI, halal bi halal, alumni



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat