20:00 . Akhir Ramadan, Pasar Sumberrejo Buka Pagi Sampai Malam   |   19:00 . Waqaf 10.000 Al-Qur'an GP Ansor Sumberrejo Mulai Didistribusikan   |   18:00 . Perkuat Kerukunan Pemuda Lewat Berbagi Takjil   |   17:00 . 1 Huruf Sama Dengan 10 Kebaikan   |   15:00 . Kanor-Rengel Bakal Tersambung   |   14:00 . Dibangun Jembatan, Penyedia Jasa Perahu Tambangan Sambut Positif   |   13:00 . Harga Ikan Laut di Pasar Bojonegoro Melambung   |   11:00 . Usai Lebaran, Kelulusan SD Baru Diumumkan   |   10:00 . Nilai UN Tidak Jadi Prioritas Penerimaan Siswa Baru   |   09:00 . Besok, PPDB Online SMP Mulai Dibuka   |   08:00 . Saat Malam Ramadan, Lapangan Kecamatan Sumberrejo Bak Pasar Malam   |   07:00 . Teh Manis Buat Buka Puasa, Sehat Nggak Sih?   |   06:00 . Khotmil Quran Mahasiswa Kesehatan   |   05:00 . Pondok Jurnalistik Bersama LPM Kampus Ungu   |   21:00 . Relawan Cinta NKRl Kutuk Petualang Politik Rongrong Wibawa Pemerintah   |  
Mon, 27 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 23 August 2017 10:00

Pengisian Perangkat Desa Serentak

Enam Perguruan Tinggi Berebut Jadi Pelaksana Ujian

Enam Perguruan Tinggi Berebut Jadi Pelaksana Ujian

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Meskipun pendaftaran calon perangkat desa sudah berjalan di masing-masing desa, namun penentuan pihak ketiga dari enam perguruan tinggi (PT) belum ditentukan. Pasalnya setelah mengirim surat ke pihak ketiga tersebut, tim kabupaten masih harus menunggu pemaparan dari masing-masing PT.

Seperti diketahui enam perguruan tinggi yang masuk pertimbangan sesuai hasil rapat bersama antara desa dan tim kabupaten, disepakati Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang dan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

"Semuanya sudah didatangi dan berkoordinasi dengan tim kabupaten, termasuk perwakilan kecamatan, beberapa orang AKD (Asosiasi Kepala desa) dan juga DPRD," kata Kabid Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bojonegoro, Sugeng Firmanto.

Menurutnya, dalam berkirim surat dibentuk dua tim, yakni untuk tim satu mendatangi perguruan tinggi di Jawa Timur yakni Unair, Unesa dan UB. Sedangkan tim dua juga datang langsung ke perguruan tinggi di Jawa Tengah diantaranya UGM, Undip dan Unnes.

"Kedatangannya ke sana menawarkan bahwa Pemkab Bojonegoro akan melakukan pengisian perangkat desa. Pada perinsipnya semua perguruan tinggi siap melakukan," terangnya.

Untuk itu dalam proses penyaringan atau ujian seleksi, kata Sugeng Firmanto, diminta bantuan untuk pengadaan naskah termasuk tes kemampuan dasar dan skolastik. "Minggu depan dijadwal akan ada pemaparan dari perguruan tinggi itu sebagai pihak ketiga," jelas Sugeng.

Perguruan tinggi tersebut akan memaparkan bersama-sama secara bergantian, terkait konsep, mekanisme ujian sampai dengan harga. Setelah pemaparan nantinya akan dirapatkan bersama tim kabupaten, perwakilan desa dan kecamatan.

"Harapannya agar mudah dalam hal pengawasan, apabila yang menguji nanti hanya satu pihak ketiga, meskipun ujian perangkat dilaksanakan 419 desa," pungkasnya kepada blokBojonegoro.com. [zid/mu]

Tag : ujian perangkat desa, rekrutmen perangkat desa

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more