13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kolaborasi Mitra EMCL Dalam Peningkatan Kemampuan Beternak

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 January 2018 06:00

Kolaborasi Mitra EMCL Dalam Peningkatan Kemampuan Beternak

Reporter: Maratus Shofifah

blokBojonegoro.com - Puluhan warga belajar kejar paket baik B maupun C, dan warga Desa Mojodelik Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro juga mendapatkan pembelajaran tentang peternakan dari operator Lapangan Migas Banyuurip,  ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Jum’at (5/1/2018).

Didampingi oleh Yayasan Padang Bulan yang berkolaborasi dengan Yayasan Bimantari, Koperasi Produsen Agribisnis dan Pusat Inkubasi Bisnis, para warga belajar dan berdiskusi bagaimana cara beternak yang nyaman dan menguntungkan.

"Kegiatan ini dilakukan karena memang usulan warga yang ingin belajar tentang peternakan," ujar koordinator belajar peternakan, M. Nur Andria.

M. Nur Andria lebih lanjut menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk respon akan kebutuhan warga belajar dan kesinambungan dari program peningkatan partisipasi angka sekolah, dengan berkolaborasi yang saling 'migunani marang liyane' dengan Yayasan Bimantari, Koperasi Produsen Agribisnis dan Pusat Inkubasi Bisnis yang memang ahli di bidang peternakan baik secara pakan, kesehatan, pengolahan limbah hingga akses pasarnya.

Berbagai pertanyaan dilontarkan para peserta. Pada umumnya mereka penasaran mengenai bagaimana mengelola ternak yang nyaman tapi tetap menguntungkan, karena selama ini peternakan dianggap menguntungkan tapi belum bisa menyentuh tataran kenyamanan dalam berternak.

"Kami bisa belajar banyak dari para narasumber dari Bimantari, KPA dan PIB, sehingga menambah ilmu pengetahuan baru," ucap Pariman, salah satu peserta warga belajar.

Belajar bareng peternakan ini adalah upaya memberikan kemampuan tambahan tentang ternak warga belajar pasca lulus dari pendidikan kejar paket bagi warga sekitar wilayah operasi EMCL.

“Tujuan kegiatan belajar peternakan ini agar warga Mojodelik dan warga belajar khususnya, dapat memahami dan mengerti bagaimana cara beternak yang nyaman dan menguntungkan”, jelas perwakilan Padang Bulan, M. Adi Yusuf.

Menurut Yusuf, kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan warga dalam berternak. Ini sebagai tindaklanjut dari dukungan program dari EMCL pada program pendidikan. "Semoga warga belajar dapat mempraktekkan apa yang sudah didapatkan pada kegiatan ini,” harap laki–laki yang juga ketua karang taruna Desa Mojodelik.

Perwakilan EMCL, Joni Wicaksono menyampaikan apresiasi kepada warga belajar yang masih bersemangat menimba ilmu, dan menyampaikan apresiasi kepada semua yang telah memfasilitasi dan mampu berkolaborasi sebagai lembaga lokal di Kecamatan Gayam. Serta ia jua berterima kasih kepada masyarakat Desa Mojodelik yang selama ini telah mendukung keberhasilan operasi Lapangan Banyuurip.

Menurutnya, program yang dilaksanakan dengan warga belajar ini adalah wujud komitmen EMCL dalam meningkatkan pendidikan masyarakat sekaligus kemandiriannya. "Semoga apa yang kita pelajari dapat bermanfaat untuk semua," pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan itu Kepala UPT Dinas Pendidikan Wilayah X Karyoto, Perangkat Desa Mojodelik, STIKES ICSADA Bojonegoro, Jaringan informasi masyarakat (JIM), dan Yayasan Seminar Indonesia. [ifa/mu]

Tag : emcl, mitra



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat