13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Illiyya Fairus, Juara I Qoriah IPT ASEAN 2018

Saat Lomba, Hanya Niat Baca Quran

blokbojonegoro.com | Wednesday, 04 April 2018 10:00

Saat Lomba, Hanya Niat Baca Quran

Reporter: M. Safwan

blokBojonegoro.com - Baru beberapa hari yang lalu putri daerah asal Kabupaten Bojonegoro, Illiyya Fairus mengharumkan nama Indonesia, dengan menjadi juara I qoriah dalam acara Ihtifal Institusi Pengajian Tinggi (IPT) ASEAN tahun 2018 yang diadakan oleh Universiti Sains Islam Malaysia, Jumat-Minggu (30/3-1/4/2018).

Baca juga [Illiyya Fairus, Juara I Qoriah IPT ASEAN 2018]

Tak ada persiapan khusus bagi dara kelahiran 1996 itu saat akan mengikuti kompetisi antar mahasiswa ASEAN di Malaysia, karena baginya saat ikut ajang qori-qoriah ia hanya berniat membaca alquran, tidak ada target menang ataupun harus menampilkan yang bagus.

"Tak ada niat saya harus menang dan harus tampil bagus, saya cuma bergumam bismillah saya niat baca quran," jelas dara yang baru saja pulang dari negeri jiran itu kepada blokBojonegoro.com.

Perjalanan menuju Malaysia, kata Illiyya sapaan akrabnya, ia berangkat mewakili kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bersama dua tim debat yang berbangkat pada 29 Maret 2018, sesampainya di sana dan mengikuti technical meeting (TM) pada keesokan harinya, putri Ustadz Nurul Huda yang tak lain juga qori nasional itu mendapat nomor tampil 12 dengan maqro surah annisa ayat 100.

"Alhamdulillah saat tampil berjalan lancar dan saya berniat membaca alquran dengan suara yang saya miliki, dan untuk lainnya saya pasrahkan kepada Allah. Sehari setelah tampil saya sempat sakit demam dan batuk, mungkin karena kecapekan," cerita mahasiswi yang kini tengah menempuh study S1 jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) semester 6 dengan nada serak dan batuk.

Saat penutupan acara yang juga sekaligus pengumuman para juara lomba, Illiyya hanya bisa pasrah ketika panitia mulai menyebut juara III yaitu mahasiswi dari Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, gadis yang suka masak itu hanya menghela nafas panjang saat namanya tidak disebut, dan juara II mahasiswi dari Universiti of Malaya. Tak disangka-sangka saat panitia menyebut juara I adalah putri daerah asal Kota Ledre Illiyya Fairus.

"Alhamdulillah bersyukur nama saya disebut jadi juara I. Senang bisa mengharumkan nama Indonesia di ASEAN, dan prestasi ini semoga bisa terus saya tingkatkan," ucap putri pasangan Ustadz Nurul Huda dan Siti Fatimah. [saf/mu]

Berikut juara yang pernah diraih Illiyya Fairus:
- Juara 2 MTQ Kompetisi Ekspo Madrasah Nasional 2011
- Juara 1 MTQ Siswa Provinai Jawa Timur
- Juara 1 MTQ siswa Nasional 2014
- Juara 2 MTQ Mahasiswa Regional 2016
- Juara 3 MTQ Remaja Putri Provinsi 2017
- Juara 1 MTQ Mahasiswa ASEAN 2018 di Malaysia.

*Foto Illiyya mengenakan jas biru gelap bersama juara II dan III.

Tag : ILLIYYA FAIRUZ, juara ipt asean, qorian asean, qori asean, mtq asean 2018



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat