17:00 . Menumbuhkan Partisipasi Pemilu   |   16:00 . Diduga Kelelahan, 4 Penyelenggara Pemilu Meninggal Dunia   |   15:00 . Buka Diklat Dasar KSR, Wakil Rektor 3 Ingin Seluruh Peserta Lolos Bersertifikat   |   14:00 . Diantar Masyarakat, Cakades Margomulyo Mulai Mendaftar   |   13:00 . EMCL Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan di Gayam   |   12:00 . Tinggal Satu Desa, Hitung Suara Di PPK Kecamatan Dander   |   11:00 . 34 Peserta, Tunjukkan Kemampuan Berbahasa Inggris dalam Speech Contest   |   10:00 . Diduga Darah Rendah, Pria ini Meninggal Saat Gali Lubang Septic Tank   |   09:00 . Kelola Keuangan Daerah, Pemprov Launching EKD   |   07:00 . 7 Tanda Anda Akan Diterima Kerja Setelah Interview   |   21:00 . Ketua FTBM Harap Pemkab Adakan Festival Hari Membaca   |   20:00 . Masih Lesu, Budaya Literasi di Bojonegoro Harus Digalakkan   |   19:00 . VIRAL..! PENTOL WAYAHE WAYAHE SAAT PEMILU   |   18:00 . Kampung Dekat Kali Brantas ini Menjadi Lebih Indah   |   17:00 . Kembangkan Pertanian Bojonegoro, Hara Gandeng Ponpes   |  
Wed, 24 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 05 May 2018 08:00

Unik, Siswa SMK Migas Buat Cemilan Cokelat Kelor

Unik, Siswa SMK Migas Buat Cemilan Cokelat Kelor

Reporter: M. Safwan
 
blokBojonegoro.com - Dalam acara pameran literasi, pentas seni-budaya dan produk unggulan SMA, SMK dan PKLK, di halaman Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, Jumat-Sabtu (4-5/5/2018), belasan stand dari masing-masing sekolah memamerkan produk unggulannya.
 
Yang menjadi perhatian adalah stand dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Bojonegoro, yang membawa produk cokelat kelor (color), teh daun kersen dan juga teh dari biji jagung.
 
Tentu tidak asing di telinga saat mendengar kata 'kelor', tumbuhan yang memiliki banyak khasiat itu oleh siswa SMK Migas dipadukan dengan cokelat, alhasil jadilah cokelat kelor yang sehat untuk dikonsumsi.
 
"Kita sengaja memilih kelor karena belum banyak dimanfaatkan dan tentu karena kaya akan vitamin, protein dan masih banyak yang lain, kenapa dipadu dengan cokelat karena cokelat banyak disukai oleh masyarakat terutama anak kecil dan para pemuda, jadi kita ingin buat jajanan sehat dan kaya akan manfaat," jelas Angga salah satu siswa Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, SMKN 5 Bojonegoro.
 
Untuk pembuatan cokelat kelor sendiri sangat mudah, kata Angga, yaitu cokelat 200 gram dicampur dengan kelor 20 gram, selanjutnya dilelehkan dan dicetak, tak lupa dikemas yang menarik agar dilirik pembeli.
 
Selain ada cokelat kelor, siswa SMK yang akrab disebut SMK Migas itu juga membawa teh biji jagung dan juga teh daun kersen, tentu semua tak luput karena manfaat yang dikandung masing-masing bahan.
 
"Manfaat biji jagung salah satunya bisa mencegah kanker dan menurunkan kolesterol, juga bisa mencegah anemia," kata Angga menjelaskan.
 
Terpisah, Waka Kesiswaan SMKN 5 Bojonegoro, Naomi Wijayanti saat dikonfirmasi blokBojonegoro.com mengatakan, perkembangan zaman tentu harus diikuti dengan inovasi-inovasi baru, contoh kecil adalah jajanan yang saat ini beredar yang banyak bahan pengawetnya, sehingga siswa-siswi Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian membuat produk yang sehat dan juga bahannya mudah didapat, seperti kelor dan kersen yang banyak tumbuh di lingkungan sekolah.
 
"Ini sangat menarik dan juga sehat, jadi bisa jadi alternatif untuk jajanan anak-anak yang aman," jelasnya.
 
Sekadar informasi, beberap manfaat daun kelor yaitu bisa meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, menyegarkan mata dan otak, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan struktur sel tubuh, meningkatkan serum kolesterol alamiah, mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit, meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memperindah kulit, memudahkan pencernaan, antioksidan,  memelihara sistem imunitas tubuh dan juga meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan. [saf/mu]

Tag : Smk migas, smkn 5 bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more