18:00 . Pemantau Pemilu Harus Bersertifikasi Bawaslu RI   |   17:00 . Persiapan UN, Dinas Pendidikan Masih Validasi Data Siswa   |   16:00 . Rapat DPRD Molor, Wabup: Sudah Biasa   |   15:00 . Wow...! Pemkab Siapkan Rp12 Milyar Untuk Gaji Kenaikan PNS   |   14:00 . Banyak Doorprize, Tandai Lahirnya Pojok Kependudukan di YSM Margoagung   |   13:00 . Peringati Hari Anti Korupsi, Kejari Ajak Anak SMP Lomba Pidato   |   12:00 . Pembangunan Lapangan Terbang Dipastikan Kandas   |   11:00 . Sosialisasi Perda HIV, Masyarakat Harus Ikut Mendukung   |   10:00 . Pemuda di Banjarsari Nekat Gantung Diri   |   08:00 . Jumlah Ponpes di Bojonegoro Terus Meningkat   |   07:00 . 8 Pertanyaan yang Dibenci Pria Ketika Kencan   |   23:00 . Tampilan Jean Sebastian Pukau Penonton   |   20:00 . Peduli Sesama, FKPAI Bantu Air Bersih di Kedungadem   |   19:00 . Nita Artsen dan Jean Sebastian Tampil Memukau   |   18:00 . Kios di Kacangan Terbakar, Kerugian Capai Rp50 Juta   |  
Wed, 21 November 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 05 May 2018 08:00

Unik, Siswa SMK Migas Buat Cemilan Cokelat Kelor

Unik, Siswa SMK Migas Buat Cemilan Cokelat Kelor

Reporter: M. Safwan
 
blokBojonegoro.com - Dalam acara pameran literasi, pentas seni-budaya dan produk unggulan SMA, SMK dan PKLK, di halaman Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, Jumat-Sabtu (4-5/5/2018), belasan stand dari masing-masing sekolah memamerkan produk unggulannya.
 
Yang menjadi perhatian adalah stand dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Bojonegoro, yang membawa produk cokelat kelor (color), teh daun kersen dan juga teh dari biji jagung.
 
Tentu tidak asing di telinga saat mendengar kata 'kelor', tumbuhan yang memiliki banyak khasiat itu oleh siswa SMK Migas dipadukan dengan cokelat, alhasil jadilah cokelat kelor yang sehat untuk dikonsumsi.
 
"Kita sengaja memilih kelor karena belum banyak dimanfaatkan dan tentu karena kaya akan vitamin, protein dan masih banyak yang lain, kenapa dipadu dengan cokelat karena cokelat banyak disukai oleh masyarakat terutama anak kecil dan para pemuda, jadi kita ingin buat jajanan sehat dan kaya akan manfaat," jelas Angga salah satu siswa Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, SMKN 5 Bojonegoro.
 
Untuk pembuatan cokelat kelor sendiri sangat mudah, kata Angga, yaitu cokelat 200 gram dicampur dengan kelor 20 gram, selanjutnya dilelehkan dan dicetak, tak lupa dikemas yang menarik agar dilirik pembeli.
 
Selain ada cokelat kelor, siswa SMK yang akrab disebut SMK Migas itu juga membawa teh biji jagung dan juga teh daun kersen, tentu semua tak luput karena manfaat yang dikandung masing-masing bahan.
 
"Manfaat biji jagung salah satunya bisa mencegah kanker dan menurunkan kolesterol, juga bisa mencegah anemia," kata Angga menjelaskan.
 
Terpisah, Waka Kesiswaan SMKN 5 Bojonegoro, Naomi Wijayanti saat dikonfirmasi blokBojonegoro.com mengatakan, perkembangan zaman tentu harus diikuti dengan inovasi-inovasi baru, contoh kecil adalah jajanan yang saat ini beredar yang banyak bahan pengawetnya, sehingga siswa-siswi Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian membuat produk yang sehat dan juga bahannya mudah didapat, seperti kelor dan kersen yang banyak tumbuh di lingkungan sekolah.
 
"Ini sangat menarik dan juga sehat, jadi bisa jadi alternatif untuk jajanan anak-anak yang aman," jelasnya.
 
Sekadar informasi, beberap manfaat daun kelor yaitu bisa meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, menyegarkan mata dan otak, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan struktur sel tubuh, meningkatkan serum kolesterol alamiah, mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit, meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memperindah kulit, memudahkan pencernaan, antioksidan,  memelihara sistem imunitas tubuh dan juga meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan. [saf/mu]

Tag : Smk migas, smkn 5 bojonegoro

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 14:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Saturday, 10 November 2018 20:00

    MINU Karakter Bojonegoro Gelar Educatif of Leadership

    MINU Karakter Bojonegoro Gelar Educatif of Leadership Hari Sabtu adalah hari libur bagi anak-anak MINU Karakter Bojonegoro. Tetapi tidak untuk Sabtu (10/11/2018) ini. Mengetahui akan pentingnya menjadi pemimpin yang baik sejak dini, diadakanlah Outbond di Maibit, Kecamatan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more