09:00 . Perkuat BUMDes Agrobis dan Pariwisata   |   08:00 . DCT, Calon Belum Boleh Kampanye   |   07:00 . Cepat Bangkit dari Patah Hati dengan Mengingat Kenangan Pahit   |   06:00 . Rupiah Melemah, Harga Kain Melonjak   |   22:00 . Kerjasama dengan Jepang, Akes Rajekwesi Buka Kelas Internasional   |   21:00 . Les LaSiNase, Belajar Sesuai Minat Anak   |   20:00 . Pengendara Keluhkan Banyak Mobil Parkir di Jalan Panglima Polim   |   19:00 . Kemenag Mutasi dan Lantik 26 Kepala KUA Bojonegoro Baru.   |   18:30 . Berikut Informasi tentang Rincian Formasi CPNS 2018   |   18:00 . Anna-Wawan Fokus Benahi 61% Infrastruktur Rusak   |   15:00 . Jelang Pelantikan, Anna-Wawan Foto Kedinasan   |   14:00 . Siswa Semangat Lestarikan Lomba Olahraga Tradisional   |   13:00 . Retak, Jalan Depan Pasar Pungpungan Membahayakan Pengendara   |   12:45 . Dagongan..! Ayo Semangat   |   12:30 . Adu Cepat di Permainan Egrang   |  
Thu, 20 September 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 05 May 2018 08:00

Unik, Siswa SMK Migas Buat Cemilan Cokelat Kelor

Unik, Siswa SMK Migas Buat Cemilan Cokelat Kelor

Reporter: M. Safwan
 
blokBojonegoro.com - Dalam acara pameran literasi, pentas seni-budaya dan produk unggulan SMA, SMK dan PKLK, di halaman Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, Jumat-Sabtu (4-5/5/2018), belasan stand dari masing-masing sekolah memamerkan produk unggulannya.
 
Yang menjadi perhatian adalah stand dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Bojonegoro, yang membawa produk cokelat kelor (color), teh daun kersen dan juga teh dari biji jagung.
 
Tentu tidak asing di telinga saat mendengar kata 'kelor', tumbuhan yang memiliki banyak khasiat itu oleh siswa SMK Migas dipadukan dengan cokelat, alhasil jadilah cokelat kelor yang sehat untuk dikonsumsi.
 
"Kita sengaja memilih kelor karena belum banyak dimanfaatkan dan tentu karena kaya akan vitamin, protein dan masih banyak yang lain, kenapa dipadu dengan cokelat karena cokelat banyak disukai oleh masyarakat terutama anak kecil dan para pemuda, jadi kita ingin buat jajanan sehat dan kaya akan manfaat," jelas Angga salah satu siswa Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, SMKN 5 Bojonegoro.
 
Untuk pembuatan cokelat kelor sendiri sangat mudah, kata Angga, yaitu cokelat 200 gram dicampur dengan kelor 20 gram, selanjutnya dilelehkan dan dicetak, tak lupa dikemas yang menarik agar dilirik pembeli.
 
Selain ada cokelat kelor, siswa SMK yang akrab disebut SMK Migas itu juga membawa teh biji jagung dan juga teh daun kersen, tentu semua tak luput karena manfaat yang dikandung masing-masing bahan.
 
"Manfaat biji jagung salah satunya bisa mencegah kanker dan menurunkan kolesterol, juga bisa mencegah anemia," kata Angga menjelaskan.
 
Terpisah, Waka Kesiswaan SMKN 5 Bojonegoro, Naomi Wijayanti saat dikonfirmasi blokBojonegoro.com mengatakan, perkembangan zaman tentu harus diikuti dengan inovasi-inovasi baru, contoh kecil adalah jajanan yang saat ini beredar yang banyak bahan pengawetnya, sehingga siswa-siswi Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian membuat produk yang sehat dan juga bahannya mudah didapat, seperti kelor dan kersen yang banyak tumbuh di lingkungan sekolah.
 
"Ini sangat menarik dan juga sehat, jadi bisa jadi alternatif untuk jajanan anak-anak yang aman," jelasnya.
 
Sekadar informasi, beberap manfaat daun kelor yaitu bisa meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, menyegarkan mata dan otak, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan struktur sel tubuh, meningkatkan serum kolesterol alamiah, mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit, meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memperindah kulit, memudahkan pencernaan, antioksidan,  memelihara sistem imunitas tubuh dan juga meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan. [saf/mu]

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.


You need to sign in or register for this service



Video bB

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Tabloid bB