23:00 . Emil Wagub Jatim Ajak Jaga Bengawan Solo - Bojonegoro   |   22:00 . Ha...Ada Ribuan Titik Kerusakan Akibat Penambangan Pasir Liar   |   21:00 . Emil Minta Sudetan Kaligandong Disegerakan   |   20:00 . Tepat Dua Jam, Emil Susuri Bengawan Solo   |   19:00 . Susuri Bengawan, Emil: Penambang Pasir di Bojonegoro Lumayan Tertib   |   18:30 . Wagub Emil Show di Bojonegoro   |   17:00 . Sampai di Panjunan, Emil Sapa Warga dengan Ramah   |   16:30 . Emil Dardak Akan Tebar 25 Ribu Benih Ikan Wader Ke Bengawan   |   15:00 . Ingin Lihat Emil, Warga Datangi Bengawan   |   14:00 . Sebelum Susuri Bengawan, Wagub Akan Tanam Pohon di Panjunan   |   12:00 . Ganggu Kunjungan Wagub, Mobil Ini Diderek Petugas   |   11:00 . 18 Pemenang Lomba CC Terima Hadiah di Pendopo Bojonegoro   |   10:00 . Besok, Forum Kontraktor Bakal Datangi Dinas PU Bina Marga   |   09:00 . Keikutsertaaan Bojonegoro FC, Tunggu Kongres Asprov PSSI Jatim   |   08:00 . Wagub Jatim Dijadwalkan Melihat Tanggul Kritis Bengawan Solo   |  
Wed, 20 February 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 05 May 2018 08:00

Unik, Siswa SMK Migas Buat Cemilan Cokelat Kelor

Unik, Siswa SMK Migas Buat Cemilan Cokelat Kelor

Reporter: M. Safwan
 
blokBojonegoro.com - Dalam acara pameran literasi, pentas seni-budaya dan produk unggulan SMA, SMK dan PKLK, di halaman Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, Jumat-Sabtu (4-5/5/2018), belasan stand dari masing-masing sekolah memamerkan produk unggulannya.
 
Yang menjadi perhatian adalah stand dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Bojonegoro, yang membawa produk cokelat kelor (color), teh daun kersen dan juga teh dari biji jagung.
 
Tentu tidak asing di telinga saat mendengar kata 'kelor', tumbuhan yang memiliki banyak khasiat itu oleh siswa SMK Migas dipadukan dengan cokelat, alhasil jadilah cokelat kelor yang sehat untuk dikonsumsi.
 
"Kita sengaja memilih kelor karena belum banyak dimanfaatkan dan tentu karena kaya akan vitamin, protein dan masih banyak yang lain, kenapa dipadu dengan cokelat karena cokelat banyak disukai oleh masyarakat terutama anak kecil dan para pemuda, jadi kita ingin buat jajanan sehat dan kaya akan manfaat," jelas Angga salah satu siswa Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, SMKN 5 Bojonegoro.
 
Untuk pembuatan cokelat kelor sendiri sangat mudah, kata Angga, yaitu cokelat 200 gram dicampur dengan kelor 20 gram, selanjutnya dilelehkan dan dicetak, tak lupa dikemas yang menarik agar dilirik pembeli.
 
Selain ada cokelat kelor, siswa SMK yang akrab disebut SMK Migas itu juga membawa teh biji jagung dan juga teh daun kersen, tentu semua tak luput karena manfaat yang dikandung masing-masing bahan.
 
"Manfaat biji jagung salah satunya bisa mencegah kanker dan menurunkan kolesterol, juga bisa mencegah anemia," kata Angga menjelaskan.
 
Terpisah, Waka Kesiswaan SMKN 5 Bojonegoro, Naomi Wijayanti saat dikonfirmasi blokBojonegoro.com mengatakan, perkembangan zaman tentu harus diikuti dengan inovasi-inovasi baru, contoh kecil adalah jajanan yang saat ini beredar yang banyak bahan pengawetnya, sehingga siswa-siswi Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian membuat produk yang sehat dan juga bahannya mudah didapat, seperti kelor dan kersen yang banyak tumbuh di lingkungan sekolah.
 
"Ini sangat menarik dan juga sehat, jadi bisa jadi alternatif untuk jajanan anak-anak yang aman," jelasnya.
 
Sekadar informasi, beberap manfaat daun kelor yaitu bisa meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, menyegarkan mata dan otak, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan struktur sel tubuh, meningkatkan serum kolesterol alamiah, mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit, meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memperindah kulit, memudahkan pencernaan, antioksidan,  memelihara sistem imunitas tubuh dan juga meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan. [saf/mu]

Tag : Smk migas, smkn 5 bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more