13:00 . Pengurangan Pupuk Tidak Pengaruhi Kebutuhan Petani Bojonegoro   |   12:00 . Air Bengawan Solo Lebihi Batas Ambang Mutu   |   11:00 . Alat Berat Berhenti di Ngablak, Warga Tak Seheboh di Wilayah Timur   |   10:00 . Hingga Akhir Tahun, Logam Mulia Masih Dominasi Agunan Pegadaian   |   09:00 . Manfaatkan Rumah Sebagai Spot Foto Instagramable   |   08:00 . Kartar Nusa Bakti Manfaatkan Lahan Desa Sebagai Agro Wisata   |   07:00 . 4 Cara Mencegah Anak Ngompol di Malam Hari   |   02:00 . Lewat Jembatan, Kepala Truk Terpisah   |   01:30 . Rela Menunggu Demi Lihat Truk Lewat   |   01:00 . Unik, Lintasi Jembatan Kendaraan Tanpa Kepala   |   00:30 . Tunggu Alat Berat JTB Lewat, Warga Antre di Pinggir Jalan   |   00:00 . Tanpa Kepala, Alat Berat Lintasi Jembatan   |   23:30 . Pantau Lintasan Jembatan di Komputer   |   23:00 . Start Pukul 22.00 WIB, Jalanan Macet   |   22:00 . Detik-detik Menegangkan Ibu Muda Melahirkan di Hutan   |  
Sat, 07 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 01 July 2018 06:00

Blok Buku

Smart Book Ejaan Bahasa Indonesia

Smart Book Ejaan Bahasa Indonesia

Peresensi: Yuzita*
 
Tentang penulis
 
Duwi Rahmadi
Pria ini lahir di Klaten, Jawa Tengah pada 19 November 1981. Ia lulusan S-1 FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Ia mengawali karier sebagai copyeditor pada perusahaan penerbitan buku. Pengalaman sebagai copyeditor menginspirasi pria ini untuk menulis buku, baik buku ajar maupun buku umum. Hingga saat ini ia masih aktif sebagai copyeditor dan penulis.
 
Sinopsis buku
Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh tentang bagaimana pedoman-pedoman umum dalam ejaan bahasa Indonesia, tidak ada salahnya jika kalian membaca buku ini. Meskipun ukuran buku ini tergolong kecil, buku ini juga termasuk lengkap. Buku ini cocok bagi kalangan pelajar, mahasiswa, guru, dosen, dan umum.
Buku ini mencakup :
-Pemakaian huruf
-Penulisan kata
-Pemakaian tanda baca
-Penulisan unsur serapan
-Ketentuan umum pembentukan istilah
 
Proses pembentukan istilah
Aspek tata bahasa peristilahan
Aspek semantik peristilahan, dll.
Bahasa Indonesia yang baik adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan norma kemasyarakatan yang berlaku. Misalnya, pada situasi santai dan akrab, hendaklah digunakan bahasa Indonesia yang santai dan akrab yang tidak terlalu terikat oleh patokan. Pada situasi resmi, hendaklah digunakan bahasa Indonesia yang resmi, yang selalu memperhatikan norma bahasa.
 
Bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan kaidah atau aturan bahasa Indonesia itu meliputi kaidah ejaan, kaidah pembentukan kata, kaidah penyusunan kalimat, kaidah penyusunan paragraf, dan kaidah penataan penalaran. Jika ejaan digunakan dengan cermat, kaidah pembentukan kata diperhatikan dengan saksama, dan penataan penalaran ditaati dengan konsisten, pemakaian bahasa Indonesia dikatakan benar. Sebaliknya, jika kaidah-kaidah bahasa itu kurang ditaati, pemakaian bahasa tersebut dianggap tidak benar.
 
Uraian tersebut menginspirasi penyusunan buku ini. Buku ini adalah pilihan yang tepat untuk belajar berbahasa Indonesia yang  baik dan benar.
 
Kelebihan buku :
Kelebihan dari buku ini adalah tidak mudah membuat mata lelah karena ukuran tulisannya yang tidak terlalu kecil meskipun ukuran buku tergolong kecil. Selain itu, terdapat kode QR dari aplikasi CBT-Psikotes dan Tes Buta Warna secara gratis yang dapat didownload di Play Store lengkap dengan kode aktivasi aplikasinya. 
 
Kelemahan buku :
Ada beberapa contoh dari pemakaian kata saat di posisi awal, tengah, dan akhir yang dikosongi. Sehingga contoh-contoh yang diberikan tidak lengkap. Penjelasan yang diberikan pun terkadang ada yang sukar dimengerti. Ada juga beberapa kata baru yang muncul, namun tidak dijelaskan terlebih dahulu apa maknanya. Hal ini dirasa tentu menyulitkan pembaca yang tergolong masih awam. [lis]
 
Identitas Buku
Nama Pengarang : Duwi Rahmadi
Penerbit : Genta Smart Publisher
Tata Letak : Popi, Gunawan, Lina
Programmer : Jaya, Dion, Stefanus
Tahun Terbit : 2017
ISBN : 978-602-6359-34-6
Jumlah Halaman : vi + 154 halaman ; ilus ; 125 mm x 180 mm
 
*Mahasiswa STIKes ICsada Bojonegoro dan Anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Kampus Ungu

Tag : Blok buku, resensi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat