08:00 . Diduga Balapan Liar, Hantam Fortuner Tewas di TKP   |   07:00 . 3 Pertanyaan Selain 'Kapan nikah' Saat Reuni   |   06:00 . Pengemudi Warga Simbatan, Patah Kaki dan Tangan   |   21:00 . Pasca Pemilu, Kapolres Himbau Jangan Ada Pawai   |   20:00 . Ngeri...! Kecelakaan Margomulyo Balen Bojonegoro   |   19:00 . Jokowi-Amin Menang 67 Persen di Bojonegoro   |   18:30 . Datangi Polres, Kadishub Bojonegoro Laporkan Balik Istrinya   |   18:00 . Meski Surat Suara Tertukar, KPU Mengklaim Tidak Ada PSU   |   17:00 . Evakuasi Korban, Jalan Raya Macet Cukup Panjang   |   16:00 . Avanza Vs Truk di Margomulyo, 2 Mobil Ringsek   |   15:00 . Triwulan Pertama, Ada 850 Klaim Asuransi ke Jasa Raharja   |   14:00 . SMPN 1 Kapas Kembali Rebut Juara Pencak Silat O2SN   |   12:00 . Saat Pemungutan Suara, Tiga TPS Surat Suaranya Tertukar   |   09:00 . Panitia Gandeng Mahasiswa dan Komunitas, Ini Alasannya?   |   08:00 . Rayakan Hari Jadi, AMSI Gelar Kontes Jurnalistik dan Seminar Anti Hoax   |  
Fri, 19 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 02 August 2018 14:00

Sungai Bengawan Solo Tercemar

Pencemaran Bisa Berdampak Kepada Kesehatan dan Hasil Pertanian

Pencemaran Bisa Berdampak Kepada Kesehatan dan Hasil Pertanian

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, kualitas air sungai Bengawan Solo sudah masuk kategori pencemaran berat karena berada di atas baku mutu.

Sesuai data yang dimiliki oleh DLH, oksigen terlarut (DO) yang tekandung sudah mencapai 4,5 miligram O2 per liter, sedangkan baku mutu sesuai ketentuan 4 miligram O2 per liter. BOD 6,77 miligram per liter, sesuai ketentuan 3 miligram per liter dan COD 34,19 miligram per liter, sedangkan sesuai ketentuan 25 miligram per liter.

"Hasil tersebut dikeluarkan oleh Laboratorium Lingkungan Perum Jasa Tirta I Mojokerto pada 24 Mei 2018 lalu, yang menunjukkan kualitas air bengawan solo di Bojonegoro di atas ambang batas ketentuan baku mutu," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro, Nurul Azizah.

Selain itu, uji kualitas air juga dilakukan antara terhadap kandungan Zat tersuspensi, Nitrat (NO3-N), Nitrit (NO2-N), Ammonia (NH3-N), minyak dan lemak, Tembaga, Krom, juga yang lainnya. Serta, kandungan lemaknya pun bisa dibilang cukup tinggi sehingga DLH terus melakukan pengawasan dan pengecekan.

Pencemaran terhadapan sungai terpanjang di Pulau Jawa ini sebenararnya terjadi sudah lumayan lama. Bahkan, tidak sedikit masyarakat bantaran sungai menggunakanya untuk mencuci, kebutuhan air minum PDAM maupun sebagai sumber utama pengairan bagi para petani.

"Kita belum bisa berbuat banyak lantaran aliran sungai bengawan solo tidak hanya di Bojonegoro saja, melainkan hulunya berasal Jawa Tengah dan kelihatanya untuk sumber limbah berasal dari hulu bengawan solo," ujar Nurul Azizah.

Pencemaran tersebut, lanjutnya, bisa berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat maupun menurunya hasil pertanian di Kota Ledre. Padahal, selain penghasil minyak dan gas, Kabupaten Bojonegoro juga termasuk penyumbang hasil pertanian yang sangat besar untuk nasional.

Salah seorang petani di Desa Canga'an, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Yusu, menakutkan dengan adanya hal ini. Sebab, aliran sungai Bengawan Solo merupakan satu-satunya sumber air untuk mengairi tanaman padi.

Dirinya juga mengaku, selama beberapa penen belakangan ini hasil tanaman padi miliknya tidak seperti panen-panen sebelumnya. Sehingga, ia menakutkan salah satu faktor penurunan hasil panen disebabkan oleh faktor kualitas air bengawan solo.

"Memang ada juga faktor dari hama, tetapi juga bisa berasal dari kualitas air. Sehingga saya berharap ada solusi untuk pencemaran sungai Bengawan Solo ini," pungkasnya kepada blokBojonegoro.com.[din/col]

 

Tag : bengawan, pencemaran

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more