18:00 . Jumlah DPT Pilkades Serentak Capai 428,437 Pemilih   |   17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |   15:00 . Masa Kampanye, DPMD Berharap Cakades Tidak Profokatif   |   14:00 . 36 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun   |   13:00 . Pemkab Targetkan Sertifikasi Aset - aset Pembelian Sejak 1997-2018   |   12:00 . Satu SMK di Bojonegoro Jadi Pilot Project Menko Perekonomian RI   |   11:00 . Populasi Kerbau di Bojonegoro Setiap Tahun Terus Menurun   |   10:00 . Walaupun Hasilnya Sama, Pilkades Hanya Digelar Satu Putaran   |   09:00 . Persiapan Pengamanan Jelang Pilkades, ini Pesan Wabup...   |   08:00 . LSP Pertanian Gelar Uji Kompetensi di SMK Migas Bojonegoro   |   07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 02 August 2018 14:00

Sungai Bengawan Solo Tercemar

Pencemaran Bisa Berdampak Kepada Kesehatan dan Hasil Pertanian

Pencemaran Bisa Berdampak Kepada Kesehatan dan Hasil Pertanian

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, kualitas air sungai Bengawan Solo sudah masuk kategori pencemaran berat karena berada di atas baku mutu.

Sesuai data yang dimiliki oleh DLH, oksigen terlarut (DO) yang tekandung sudah mencapai 4,5 miligram O2 per liter, sedangkan baku mutu sesuai ketentuan 4 miligram O2 per liter. BOD 6,77 miligram per liter, sesuai ketentuan 3 miligram per liter dan COD 34,19 miligram per liter, sedangkan sesuai ketentuan 25 miligram per liter.

"Hasil tersebut dikeluarkan oleh Laboratorium Lingkungan Perum Jasa Tirta I Mojokerto pada 24 Mei 2018 lalu, yang menunjukkan kualitas air bengawan solo di Bojonegoro di atas ambang batas ketentuan baku mutu," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro, Nurul Azizah.

Selain itu, uji kualitas air juga dilakukan antara terhadap kandungan Zat tersuspensi, Nitrat (NO3-N), Nitrit (NO2-N), Ammonia (NH3-N), minyak dan lemak, Tembaga, Krom, juga yang lainnya. Serta, kandungan lemaknya pun bisa dibilang cukup tinggi sehingga DLH terus melakukan pengawasan dan pengecekan.

Pencemaran terhadapan sungai terpanjang di Pulau Jawa ini sebenararnya terjadi sudah lumayan lama. Bahkan, tidak sedikit masyarakat bantaran sungai menggunakanya untuk mencuci, kebutuhan air minum PDAM maupun sebagai sumber utama pengairan bagi para petani.

"Kita belum bisa berbuat banyak lantaran aliran sungai bengawan solo tidak hanya di Bojonegoro saja, melainkan hulunya berasal Jawa Tengah dan kelihatanya untuk sumber limbah berasal dari hulu bengawan solo," ujar Nurul Azizah.

Pencemaran tersebut, lanjutnya, bisa berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat maupun menurunya hasil pertanian di Kota Ledre. Padahal, selain penghasil minyak dan gas, Kabupaten Bojonegoro juga termasuk penyumbang hasil pertanian yang sangat besar untuk nasional.

Salah seorang petani di Desa Canga'an, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Yusu, menakutkan dengan adanya hal ini. Sebab, aliran sungai Bengawan Solo merupakan satu-satunya sumber air untuk mengairi tanaman padi.

Dirinya juga mengaku, selama beberapa penen belakangan ini hasil tanaman padi miliknya tidak seperti panen-panen sebelumnya. Sehingga, ia menakutkan salah satu faktor penurunan hasil panen disebabkan oleh faktor kualitas air bengawan solo.

"Memang ada juga faktor dari hama, tetapi juga bisa berasal dari kualitas air. Sehingga saya berharap ada solusi untuk pencemaran sungai Bengawan Solo ini," pungkasnya kepada blokBojonegoro.com.[din/col]

 

Tag : bengawan, pencemaran

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more