23:00 . Jan Ethes Gemesin Ikut Presiden Jokowi Upacara HUT ke 74 RI   |   22:00 . Pelatihan Kepemimpinan Active Citizens di Padepokan ASA   |   21:00 . Pekerja Proyek Gas JTB Ikuti Upacara Bendera   |   20:00 . Wow....! Tari Thengul Tampil di Istana Negara   |   19:00 . Unik, Warga Klangon Dirikan Gapura Bentuk Garuda Raksasa   |   18:00 . Warga Tulungagung Kibarkan Bendera Rakasasa di Tepi Bengawan Solo   |   17:00 . Totalitas Tari Thengul dan Gemuruh Penonton   |   16:00 . Tari Thengul Tampil Memukau di Istana Negera   |   15:30 . Pertamina Tanam 10.000 Pohon dan Serahkan CSR Rp1,2 Miliar   |   15:00 . 210 Napi Tak Dapat Remisi   |   14:00 . Napi Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI, 4 Orang Bebas   |   13:00 . Banom NU Banjarejo Bagikan Wakaf 1.000 Masker   |   12:30 . Momen Agustusan, Mansabo Kembangkan Potensi Siswa Melalui Lomba   |   12:00 . Banyak Peserta Upacara HUT RI di Alun-alun Bojonegoro Pusing   |   11:00 . Refleksi Hari Kemerdekaan, SLB Putra Harapan Bagi Bendera   |  
Sun, 18 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 02 August 2018 14:00

Sungai Bengawan Solo Tercemar

Pencemaran Bisa Berdampak Kepada Kesehatan dan Hasil Pertanian

Pencemaran Bisa Berdampak Kepada Kesehatan dan Hasil Pertanian

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, kualitas air sungai Bengawan Solo sudah masuk kategori pencemaran berat karena berada di atas baku mutu.

Sesuai data yang dimiliki oleh DLH, oksigen terlarut (DO) yang tekandung sudah mencapai 4,5 miligram O2 per liter, sedangkan baku mutu sesuai ketentuan 4 miligram O2 per liter. BOD 6,77 miligram per liter, sesuai ketentuan 3 miligram per liter dan COD 34,19 miligram per liter, sedangkan sesuai ketentuan 25 miligram per liter.

"Hasil tersebut dikeluarkan oleh Laboratorium Lingkungan Perum Jasa Tirta I Mojokerto pada 24 Mei 2018 lalu, yang menunjukkan kualitas air bengawan solo di Bojonegoro di atas ambang batas ketentuan baku mutu," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro, Nurul Azizah.

Selain itu, uji kualitas air juga dilakukan antara terhadap kandungan Zat tersuspensi, Nitrat (NO3-N), Nitrit (NO2-N), Ammonia (NH3-N), minyak dan lemak, Tembaga, Krom, juga yang lainnya. Serta, kandungan lemaknya pun bisa dibilang cukup tinggi sehingga DLH terus melakukan pengawasan dan pengecekan.

Pencemaran terhadapan sungai terpanjang di Pulau Jawa ini sebenararnya terjadi sudah lumayan lama. Bahkan, tidak sedikit masyarakat bantaran sungai menggunakanya untuk mencuci, kebutuhan air minum PDAM maupun sebagai sumber utama pengairan bagi para petani.

"Kita belum bisa berbuat banyak lantaran aliran sungai bengawan solo tidak hanya di Bojonegoro saja, melainkan hulunya berasal Jawa Tengah dan kelihatanya untuk sumber limbah berasal dari hulu bengawan solo," ujar Nurul Azizah.

Pencemaran tersebut, lanjutnya, bisa berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat maupun menurunya hasil pertanian di Kota Ledre. Padahal, selain penghasil minyak dan gas, Kabupaten Bojonegoro juga termasuk penyumbang hasil pertanian yang sangat besar untuk nasional.

Salah seorang petani di Desa Canga'an, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Yusu, menakutkan dengan adanya hal ini. Sebab, aliran sungai Bengawan Solo merupakan satu-satunya sumber air untuk mengairi tanaman padi.

Dirinya juga mengaku, selama beberapa penen belakangan ini hasil tanaman padi miliknya tidak seperti panen-panen sebelumnya. Sehingga, ia menakutkan salah satu faktor penurunan hasil panen disebabkan oleh faktor kualitas air bengawan solo.

"Memang ada juga faktor dari hama, tetapi juga bisa berasal dari kualitas air. Sehingga saya berharap ada solusi untuk pencemaran sungai Bengawan Solo ini," pungkasnya kepada blokBojonegoro.com.[din/col]

 

Tag : bengawan, pencemaran

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat