18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL Dukung Pengembangan Agrowisata Desa di Gayam

blokbojonegoro.com | Thursday, 09 August 2018 09:00

EMCL Dukung Pengembangan Agrowisata Desa di Gayam

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Pengembangan kawasan agrowisata cukup diminati di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Secara bebarengan empat desa di kecamatan tersebut menggiatkan karang taruna dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk menggali potensi pertaniannya untuk dijadikan kawasan wisata.

Antara lain Desa Gayam, Desa Brabowan, Desa Bonorejo dan Desa Mojodelik. Keempat desa ini sejak 2016 lalu mencanangkan konsep pengembangan agrowisata berbasis pemuda.

“Hari ini kami baru mulai menanam 750 bibit klengkeng,” ucap Sucipto, Ketua Bukdes Gayam, Rabu (8/8/2018).

Sucipto bersama pemuda dan aparatur desa memproyeksikan lahan tiga hektar dari Tanah Kas Desa sebagai destinasi agrowisata di sana. Dia yakin, klengkeng akan memiliki daya tarik sendiri bagi masyarakat.

“Jarang kita menemui perkebunan klengkeng di Bojonegoro, ini adalah peluang,” imbuhnya optimis.

Namun kebutuhan air untuk tanaman biasanya menjadi kendala. Oleh karena itu, Sucipto dan kawan-kawan mempersiapkan sumber airnya dulu. Mereka mencari sumur bor dan mendirikan tandon.

“Persiapan ini harus kami lakukan karena air menjadi masalah tersendiri di desa kami yang tanahnya kering ini,” ucapnya.

Sucipto optimis upayanya sukses. Apalagi semua kegiatan yang mereka lakukan didukung penuh oleh operator Lapangan Migas Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) yang ada di desa mereka.

“Alhamdulillah EMCL mendukung kami, bahkan memberikan pendampingan mulai dari awal hingga pelaksanaannya,” kata Sucipto.

Meskipun klengkeng tergolong baru bagi mereka, namun mereka bertekad untuk terus belajar. EMCL memberi pendampingan melalui LSM Tropis yang bergerak di bidang lingkungan dan pertanian.

“Acara pagi ini acara menanam bersama, sebagai tanda bahwa tekad kami kuat dan doa serta dukungan dari semua pihak nampak sekali bagi kami,” tandasnya.

Pada prosesi menanam bersama memang nampak Sekretaris Camat Gayam, Danposramil Gayam, pejabat EMCL, dan perwakilan elemen masyarakat desa.

Perwakilan EMCL, Ichwan Arifin mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen EMCL terhadap lingkungan. Kata dia, EMCL mendukung Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatkan ruang terbuka hijau.

“Program ini selain dukungan terhadap peningkatan taraf ekonomi masyarakat, juga merupakan komitmen kami terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Sekcam Gayam, Ngadenan mengungkapkan, Bumdes dan pemuda sudah harus berpikir bagaimana bisa mandiri dan memajukan desa sesuai potensi. “Ini akan menjadi modal bagus buat desa dalam memajukan daerah,” pungkasnya. [ito/mu]

Tag : emcl, pengembangan desa, agrowisata desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat