23:00 . Seleksi Bojonegoro FC, Dikerucutkan Jadi 30 Pemain   |   22:00 . Era Industri, Pemkab Optimalkan Peran Pemuda dalam Pembangunan Daerah   |   21:00 . BPBD Bojonegoro Minta Warga Waspadai Fenomena La Nina   |   20:30 . KPC PEN Gelar Webinar Kolaborasi dengan Pemkab Bahas Vaksin Covid-19   |   20:00 . Ademos Latih Timlak Patra Daya Program 2020   |   19:30 . Infrastruktur Publik di Bandungrejo Rampung, Warga Lancar Beraktifitas   |   19:00 . Setelah Vaksin Tiba, Harus Masyarakat Tetap Disiplin 3M   |   18:30 . Satgas Sayangkan Sikap Habib Rizieq yang Tak Mau Telurus Kontak   |   18:00 . Jumlah Kasus Meningkat, Menjadi Pembelajaran Serius   |   17:30 . Diterjang Banjir, Jembatan di Kuniran Ambruk   |   17:00 . Menyambut HPN 2021, PWI Bojonegoro Siapkan Beberapa Kegiatan   |   16:30 . Detik-detik Jembatan Bambu Hanyu Terbawa Banjir Sungai   |   16:00 . Jaga Kamtibmas, Kapolres Bojonegoro Ajak Terus Lawan Covid-19   |   15:00 . Bahas 15 Raperda, DPRD Bojonegoro Utamakan Raperda RTRW   |   14:00 . Gandeng Yayasan PESAT, EMCL Sosialisasikan Progam Bronjong   |  
Thu, 03 December 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 05 September 2018 19:00

Duh...! Baru Disahkan, Perda Perangkat Desa Akan Direvisi

Duh...! Baru Disahkan, Perda Perangkat Desa Akan Direvisi

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pasca putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan permohonan keberatan hak uji materi tentang perekrutan perangkat desa sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2017, rencananya payung hukum di Kota Ledre itu akan direvisi, meskipun baru disahkan dan dilaksanakan.

Wakil ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito menuturkan, dalam rapat evaluasi pelaksanaan Perda nomor 1 tahun 2017 di ruang Komisi A, pasca pelaksanaan pengisian perangkat desa yang gaduh pada Nopember 2017 kemarin. "Telah direkomendasikan kepada eksekutif agar Perda tentang perangkat desa tersebut segera direvisi," tuturnya.

Pasalnya lanjut Anam, karena ada pasal 6 ayat (1) poin i yang tiba-tiba ada dalam subtansi Perda, padahal tidak pernah ada dalam bahasan saat pembahasan di Pansus. "Saat ini agenda revisi Perda tentang perangkat desa sudah masuk program pembahasan peraturan daerah (Propemperda) untuk dibahas di tahun 2018 ini," terang politisi Gerindra itu.

Ditambahkan, artinya tanpa ada judisial review pun Perda tersebut sudah di programkan untuk di revisi tahun ini. Jika ada proses yang tidak sesuai dan subtansi perdanya ada yang tidak sesuai ketentuan peraturan yang lebih tinggi. "Tentunya untuk melakukan revisi adalah hal yang sangat mendesak dan tidak terlalu menunggu lama," imbuhnya.

Sementara itu, kepala Bagian Hukum Pemkab Bojonegoro Faisol Ahmadi mengungkapkan Pemkab akan segera melakukan perubahan terhadap Perda nomor 1 tahun 2017 tentang perangkat desa. "hal tersebut sudah masuk dalam Prolegda tahun 2018," ungkapnya.

Terkait dengan dibatalkannya pasal 6 ayat (1) huruf i dan pasal 7 ayat (1) dan (2), maka tidak ada lagi kewajiban tim desa bekerjasama dengan tim kabupaten dalam pembuatan naskah soal ujian perangkat desa. Serta keberadaan tim kabupaten tentang pengisian perangkat desa sudah tidak ada lagi karena pasal 7 tersebut juga dibatalkan.

"Selanjutnya, terkait dengan proses pengisian perangkat desa kedepan paska dibatalkannya pasal tersebut, tetap melaksankana sebagaimana mestinya dengan mendasarkan putusan MA dimaksud," pungkasnya. [ito/lis]

 

Tag : perda, revisi, MA


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat